Breaking News:

Berita Belitung

Prodi Keperawatan Belitung Latih Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus  

Prodi D-3 Keperawatan Belitung Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan perawatan diri bagi pasien

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana pelatihan perawatan diri dan pemanfaatan herbal bagi pasien DM dalam rangka pengabdian diri Prodi D-3 Keperawatan Belitung Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Kamis (3/6/2021). (IST/Dok pribadi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Prodi D-3 Keperawatan Belitung Politeknik Kesehatan Kemenkes Pangkalpinang melakukan pengabdian masyarakat berupa pelatihan perawatan diri bagi pasien diabetes melitus (DM). Kegiatan tersebut mulai dilakukan pada Kamis (3/6/2021).

"Tahun ini kami fokus ke pasien DM dengan tujuan peningkatan kemampuan perawatan diri dan pemanfaatan pengobatan herbal," ujar Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat R. Ade Sukarna.

Menurutnya, alasan pemilihan pasien penderita DM dilakukan karena tingginya kasus penyakit tersebut di Kabupaten Belitung. Didukung dengan cakupan pelayanan yang belum maksimal. Makanya para pasien perlu perawatan mandiri. Juga ditambah dengan penggunaan herbal daun salam yang teruji ilmiah bisa menurunkan kadar gula darah.

Nantinya pasien yang mengikuti pelatihan ini ada 25 peserta yang merupakan pasien Puskesmas Tanjungpandan dan Puskesmas Air Saga.

"Pasiennya dari Puskesmas, kami acak, ada beberapa orang nanti diambil, mereka akan dipantau selama sebulan. Kami berikan modul, mereka melaksanakan sesuai modul, lalu kami monitoring dan evaluasi, ada jadwalnya tiap pekan ketemu dengan pasien DM," ujarnya.

Selama berlangsungnya kegiatan itu, ada tim yang akan mengunjungi rumah pasien yang menjalani perawatan diri sesuai modul yang diberikan. Makanya prodi tersebut juga bekerjasama dengan Prodi Farmasi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

Ade berharap melalui program tersebut pasien DM dapat meningkatkan kemampuan perawatan diri, karena DM termasuk penyakit yang membutuhkan kemampuan perawatan yang maksimal.

"Dengan adanya modul itu, mereka kami harapkan terlatih untuk beraktifitas seperti itu karena modul aktif ini sudah terbukti dengan penelitian," tuturnya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved