Breaking News:

Dubes Palestina untuk Indonesia Ungkap soal Konflik dengan Israel dalam Diskusi Lingkar Merdeka SMSI

Konflik Palestina dengan Israel masih belum berakhir meskipun genjatan senjata telah dilakukan pada 21 Mei 2021 lalu.

Editor: Jaryanto
ISTIMEWA/DOK. RETNO INTANI
Tangkapan layar Diskusi Lingkar Merdeka via Zoom di Gedung Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Press Club Jalan Veteran 2, Jakarta, Selasa (1/6/2021) lalu. 

Dubes Palestina Ungkap soal Konflik dengan Israel dalam Diskusi Lingkar Merdeka SMSI

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Konflik Palestina dengan Israel masih belum berakhir meskipun genjatan senjata telah dilakukan pada 21 Mei 2021 lalu.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Dr Zuhair Al-Shun mengungkap banyak banyak hal seputar pendudukan Israel atas Palestina. Itu disampaikan dalam Diskusi Lingkar Merdeka di Gedung Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Press Club Jalan Veteran 2, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Diskusi Lingkar Merdeka yang dirancang SMSI diikuti pengurus dan anggota SMSI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Acara yang berlangsung secara daring via Zoom tersebut dipandu Dr Retno Intani ZA MSc. Ia merupakan seniorita TVRI yang juga menjabat Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan SMSI.

Selain menghadirkan Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, diskusi bulanan kali ini juga menghadirkan pembicara Aat Surya Safaat wartawan senior Antara yang menjabat Ketua Bidang Kerja Sama Luar Negeri SMSI.

Seperti sudah menjadi pengetahuan umum bersama, pendudukan Palestina oleh Israel bermula dari perebutan wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan.

Tetapi wilayah ini pada peta diberi label Israel padahal terdapat kota Yerusalem yang dianggap suci bagi orang Arab Palestina maupun orang Yahudi Israel dan masjid Al-Aqsa merupakan situs suci ketiga bagi umat Islam, yang juga dihormati Yahudi sebagai Temple Mount.

Mungkin sepintas persoalan tampak sederhana, tetapi pada kenyataannya konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel menimbulkan banyak masalah pelik.

Seperti, di mana perbatasan Israel dan Palestina? Bisakah pengungsi Palestina kembali ke rumah mereka yang saat ini dikuasai Israel?

Proses penyelesaian konflik yang telah berlangsung puluhan tahun ini telah menimbulkan konflik-konflik lain yang tumpang tindih membuat hubungan Palestina dan Israel selalu bermusuhan padahal berdampingan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved