Breaking News:

Jemaah Haji yang Batal Berangkat Bisa Tarik Uang Setoran, Begini Caranya

Kementerian Agama sudah mengeluarkan kebijakan bahwa calhaj yang batal berangkat bisa mengambil setoran hajinya sementara.

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Belitung Timur Hasmaryati kepada¬†posbelitung.co, Jumat (4/6/2021) saat ditemui di ruang kerjanya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemberangkatan haji tahun 2021 sudah dipastikan batal yang diumumkan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis (3/6/2021) kemarin. Hal itu membuat calon jamaah haji Indonesia harus menelan pit pahit untuk kedua kalinya setelah tahun 2020 juga tidak berangkat haji.

Atas hal tersebut, Kementerian Agama sudah mengeluarkan kebijakan bahwa calhaj yang batal berangkat bisa mengambil setoran hajinya sementara.

"Yang bisa diambil hanya setoran lunas. Namun kalau setoran awal tidak bisa diambil. Kalau setoran awal ditarik akan menyebabkan hilangnya hak calhaj untuk berangkat," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Belitung Timur Hasmaryati kepada posbelitung.co, Jumat (4/6/2021) saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia mengatakan tahun kemarin hal yang sama juga diatur oleh Kemenag RI. Namun, dari 17 calhaj yang batal berangkat tak satupun yang menarik setoran lunas tersebut.

Hasmaryati bilang para calhaj khawatir tidak bisa membayar kembali setoran lunasnya ketika nanti akan dijadwalkan berangkat. Mereka juga tidak mau repot mengurus persyaratan sebelum setoran itu bisa ditarik.

Hasmaryati bilang jemaah haji yang ingin menarik setoran lunasnya harus mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan secara tertulis kepada Kakan Kemenag kabupaten. Kemudian ada beberapa syarat penarikan setoran lunas yang harus disertakan yaitu bukti asli setoran lunas yang dikeluarkan oleh bank penerima setoran, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jemaah haji dan memperlihatkan aslinya, fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Lalu kami akan melakukan proses verifikasi dan setelah itu akan diteruskan ke direktorat pelayanan haji di provinsi dan pusat," tutup Hasmaryati. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved