Breaking News:

Berita Belitung

Persentase Kelulusan Seratus Persen, 2.508 Siswa Kelas 9 di Belitung Tamat SMP

Sebanyak 2.508 siswa kelas 9 SMP di Belitung dinyatakan lulus, Jumat (4/6/2021).

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Marwandi, Jumat (4/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 2.508 siswa kelas 9 SMP di Belitung dinyatakan lulus, Jumat (4/6/2021). Berarti 100 persen siswa dari 21 sekolah negeri dan delapan sekolah swasta menamatkan pendidikan menengah pertamanya.

"Yang menentukan kelulusan jika sudah mengikuti ujian yang dilaksanakan otomatis mereka lulus," kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Marwandi.

Sementara itu, terkait pengumuman kelulusan, menurutnya tak ada arahan khusus dari Dindikbud. Pihak sekolah bisa melaksanakan kebijakan masing-masing, bisa pengumuman via daring atau disampaikan langsung kepada siswa. Tentunya dengan mengacu protokol kesehatan serta tergantung perkembangan situasi kasus Covid-19.

Setelah pengumuman kelulusan ini, selanjutnya SMP di Belitung juga akan melaksanakan agenda tahunan seperti penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Terkait PPDB, ia menyebut tak banyak perubahan dengan tahun sebelumnya. Daya tampung, mekanisme pendaftaran, hingga zonasi masih sama dengan tahun sebelumnya.

"Daya tampung masih sama, tidak ada penambahan rombel (rombongan belajar). Karena perhitungan jumlah siswa SD yang lulus juga tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, sehingga tidak perlu menambah ruang kelas baru," ujarnya.

Sementara itu, PPDB akan berlangsung via daring, terutama di wilayah Tanjungpandan. Makanya Dindikbud Kabupaten Belitung bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam menyediakan portal pendaftaran melalui ppdb.belitung.go.id. Pendaftaran PPDB SMP akan berlangsung pada 21 Juni hingga 30 Juni 2021.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved