Breaking News:

Info Kesehatan

Berikut 7 Penyebab Kolesterol Tinggi Tanpa Disadari yang Perlu Diwaspadai!

Stres psikologis tertentu dapat menyebabkan keinginan untuk makanan tidak sehat yang meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Editor: Rusaidah
Grid.id
Penyebab kolesterol yang perlu diwaspadai. 

POSBELITUNG.CO - Perlu diketahui kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, dan kebanyakan dari kita percaya bahwa peningkatan kadar kolesterol adalah akibat langsung dari pilihan makanan yang buruk.

Sementara diet memainkan peran penting dalam menentukan kadar kolesterol ternyata itu bukan satu-satunya faktor yang bertanggung jawab atas peningkatan kadar kolesterol.

Dikutip dari American Heart Association, ada 7 faktor penyebab tingginya kadar kolesterol yang harus diwaspadai karena seringkali tidak disadari;

1. Ketidakaktifan fisik

Ada kesalahpahaman umum bahwa perubahan pola makan cukup untuk mengontrol kadar kolesterol, jika seseorang tidak kelebihan berat badan.

Tetapi mereka yang tidak kelebihan berat badan mungkin juga memiliki kolesterol tinggi jika mereka mengikuti gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Ada beberapa penelitian yang menyoroti peran latihan aerobik dan kekuatan terhadap kadar kolesterol dalam darah. Olahraga tidak hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL) tetapi juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Olah raga berlebihan

Terlalu banyak hal dapat berbahaya bagi kesehatan, bahkan jika olah raga. Latihan intensitas tinggi tertentu dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Saat kita berolahraga berlebihan, respons stres tubuh dieksploitasi sedemikian rupa sehingga serangkaian reaksi biokimia dipicu. Respons ini dapat menyebabkan kerusakan serius.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved