Human Interest Story

Berasal dari Keluarga Sederhana, Diki Pemuda Asal Belitung Timur Berhasil Sabet Beasiswa ke Amerika

Pemuda asal Desa Lenggang, Gantung bernama Diki Rizaldi berhasil menyabet beasiswa ke Amerika Serikat lewat Community College Initiative Program.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Ist/Diki Rizaldi.
Diki Rizaldi. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pemuda asal Belitung Timur kembali go international.

Kali ini pemuda asal Desa Lenggang, Gantung bernama Diki Rizaldi berhasil menyabet beasiswa ke Amerika Serikat lewat Community College Initiative Program (CCIP) dari American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Fulbright Indonesia.

Ditemui Posbelitung.co, Senin (7/6/2021), Diki menceritakan perjalanannya hingga sampai ke titik ini.

Lelaki tamatan SMK Negeri 1 Manggar jurusan teknik sepeda motor ini punya motivasi awalnya ingin berkuliah di satu PTN di Jakarta.

Namun karena berasal dari keluarga sederhana yang kemampuan finansialnya terbatas, ia menunda kuliahnya sembari mencari pekerjaan sementara.

Tidak putus asa karena keterbatasannya, Diki memberanikan diri bermimpi bersekolah di Amerika Serikat.

Lelaki kelahiran 17 Oktober 1996 ini mencari informasi lewat berbagai kanal beasiswa di internet.

Ia juga menghubungi beberapa rekannya alumnus penerima beasiswa luar negeri yang sekaligus menjadi mentornya yaitu Edwinnata dan Ezelinnata.

"Alhamdulillaah setelah berbagai seleksi ketat dilalui akhirnya bisa lolos bersama 28 orang lainnya se-Indonesia. Semuanya lulusan S1 dan D3 sedangkan empat orang di antaranya adalah lulusan SMA/SMK, termasuk saya," kata Diki yang saat ini bekerja sebagai pegawai honorer di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Belitung Timur.

Diki berharap nantinya dalam program beasiswa selama satu tahun itu bakal kuliah, magang di perusahaan-perusahaan besar, dan akan banyak terlibat dengan event-event besar dari berbagai perusahaan dunia sebagai relawan.

Di sanalah dia bakal sekalian mempromosikan pariwisata Belitung Timur dan Pulau Belitung umumnya.

Anak bungsu tiga bersaudara ini bahkan berencana membuat beberapa baju adat Belitung dan cinderamata yang nanti bakal dibagikan kepada para penerima beasiswa dari seluruh dunia.

"Kebetulan saya mendapat penempatan studinya di Kirkwood Community College, Cedar Rapids, Iowa jurusan tourism and hospitality management. Jadi saya bakal bawa Pulau Belitong yang baru jadi Unesco Global Geopark ke kancah dunia. Ini bentuk kontribusi saya terhadap kemajuan kampung halaman," ungkap putra dari pasangan Supardi (alm) dan Latifah ini.

Tidak hanya menjadi relawan, di sana dia juga bakal membuat suatu program yang bakal diimplementasikan di daerah asal saat program beasiswa sudah selesai.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved