Breaking News:

Berita Belitung Timur

Dana Bantuan Partai Politik Naik, Ini Tanggapan Ketua Komisi I DPRD Belitung Timur

Ketua Komisi I DPRD Belitung Timur Harjanto Johannes mengatakan wacana kenaikan bantuan parpol disesuaikan dengan kemampuan daerah

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Ketua Komisi I DPRD Belitung Timur Harjanto Johannes 

POSBELITUNG.CO ,BELITUNG -- Ketua Komisi I DPRD Belitung Timur Harjanto Johannes mengatakan wacana kenaikan dana bantuan partai politik harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Ia tidak ingin anggaran untuk bantuan parpol nantinya mengurangi anggaran untuk pendidikan, kesejahteraan masyarakat, dan sektor penting lainnya.

Namun demikian, Harjanto menyebutkan, kenaikan bantuan parpol ini sudah merupakan perintah undang-undang dan sesuai dengan amanah Permendagri nomor 78 tahun 2020.

"Hari ini kami rapat koordinasi dengan Kesbangpol, Keuangan, dan Bappelitbangda membahas soal kenaikan bantuan ini. Kami anggota dewan hanya memfasilitasi. Kami ingin melihat tahapan mereka sampai mana karena nantinya harus di KUA-PPAS, nanti akan di RKA, di DPA," kata Harjanto.

Ia mengakui, wacana ini merupakan angin segar bagi partai politik. Namun ia mengingatkan agar tetap menggunakan bantuan ini untuk semaksimalnya pendidikan politik bagi para kader.

Harjanto juga mengingatkan dengan bantuan ini naik lebih besar, maka tanggungjawab parpol juga makin besar terutama masalah audit.

"Bantuan ini di seluruh Indonesia ada bagi parpol. Bukan sebagai uang foya-foya tapi untuk pendidikan politik bagi para calon pemimpin daerah," kata Harjanto.

Ketua DPC Partai Hanura Belitung Timur Jimmy Tjong menyambut baik wacana kenaikan bantuan partai politik ini.

Dia mengatakan, bantuan ini bakal dipakai untuk biaya operasional partai dan pendidikan politik bagi para kadernya.

"Kemudian untuk tahun ini bantuan tersebut bisa dipakai untuk pencegahan dan penanganan covid-19, selain dari ketentuan sebagian besar harus digunakan untuk pendidikan politik," kata Jimmy.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved