Breaking News:

Berita Belitung Timur

MUI Belitung Timur Dukung Sertifikasi Wawasan Kebangsaan Penceramah Asal Tujuannya Jelas

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur memandang wacana sertifikasi wawasan kebangsaan bagi penceramah harus dipahami secara utuh.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Sekretaris MUI Beltim Ekocahyo Heppy 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur memandang wacana sertifikasi wawasan kebangsaan bagi penceramah harus dipahami secara utuh oleh masyarakat sehingga tidak terjadi kesalahpahaman pemikiran.

Dihubungi Posbelitung.co, Senin (7/6/2021), Sekretaris MUI Belitung Timur Ekocahyo Heppy mengatakan tujuan dari sertifikasi ini harus jelas dan didasarkan pada kepentingan umat, bangsa, dan negara.

Ekocahyo bilang MUI selalu jadi mitra strategis pemerintah dalam melahirkan keputusan-keputusan yang menyangkut hajat luas.

Artinya, MUI akan sejalan dengan pemerintah jika memang tujuannya untuk kemaslahatan bersama.

"MUI secara resmi belum menerima konsep sertifikasi yang disampaikan Menteri Yaqut. Biasanya MUI di daerah mendapatkan surat tembusan atau edaran dari pusat jika memang sudah ada tanggapan resmi," jelas Ekocahyo.

Ia menekankan bahwa sertifikasi wawasan kebangsaan ini nantinya harus mengedepankan prinsip keadilan untuk semua kalangan.

Menurutnya jangan hanya menyasar penceramah Islam saja, namun melibatkan semua agama resmi sehingga konsep moderasi beragama itu benar-benar diterapkan dan menjadi bagian yang bukan sekedar wacana.

Saat ditanyai terkait apakah bakal ada potensi konflik di masyarakat dengan adanya sertifikasi ini, Ekocahyo memandang semua keputusan ada di tangan masyarakat itu sendiri.

Menurutnya, di tangan masyarakatlah yang akan menentukan mana penceramah yang layak dan tidak layak untuk kepentingan dakwahnya.

"Jadi semua kembali ke masyarakat. Selama ini merekalah yang menentukan sendiri penceramahnya dan tidak ada banyak opsi terkait penceramah. Nantinya opsi itu barangkali akan beragam jika betul program ini direalisasikan pemerintah," kata Ekocahyo.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved