Breaking News:

Berita Belitung

Ngayau Mendanau Bersama ASPPI Babel, Belanja Oleh-oleh Khas di Dermaga Tanjung Nyato

ASPPI Babel datang melihat perkembangan program Ngayau Mendanau yang diisiasi penggiat parwisata setempat.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Eltjandring
(IST/dok DPD ASPPI Babel)
Pengunjung Pulau Mendanau belanja oleh-oleh di dermaga Tanjung Nyato, Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Jumat (4/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Rombongan DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Babel kembali mengunjungi Pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Jumat (4/6/2021) lalu.

ASPPI Babel datang melihat perkembangan program Ngayau Mendanau yang diisiasi penggiat parwisata setempat.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan sempat berdiskusi bersama Responsive Innovation Fund (RIF) Cana, kepala desa, BUMDes, komunitas dan penggiat pariwisata membahas potensi wisata di Pulau Mendanau.

Menurut Ketua DPD ASPPI Babel Indah Permata Sari, kedatangan pelaku wisata sebenarnya mencari daya tarik untuk dipromosikan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui industri pariwisata.

"Potensi pariwisata di Pulau Mendanau ini sangat banyak tinggal dikembangkan menjadi paket desa wisata yang menarik minat wisatawan," ujar Indah kepada posbelitung.co, Senin (7/6/2021).

Menurutnya satu kemajuan saat ini wisatawan yang berkunjung ke Pulau Mendanau tak perlu repot mencari oleh-oleh.

Sebab, ibu-ibu yang tergabung dalam penggiat pariwisata Pulau Mendanau mulai berjualan di balik pintu gerbang dermaga Tanjung Nyato, Desa Petaling.

Oleh-oleh yang ditawarkan pun beragam mulai dari kerupuk ikan, kerupuk cumi, keripik singkong, madu, ikan teri, gangan kaleng, kecap ikan, tepung ikan dan berbagai produk olahan masyarakat setempat seperti pekasam.

Pekasam sendiri merupakan makanan olahan berbahan kimak (sejenis kerang) yang difermentasi dengan campuran irisan bawang merah, cabai rawit dan perasan jeruk kunci.

"Saat ini wisata berbasis pemberdayaan masyarakat sedang dikembangkan dan apa yang dilakukan masyarakat sangat cocok dan bisa menjadi andalan di sini," kata Indah.

Ia menambahkan ASPPI akan terus memberikan dukungan kepada masyarakat Pulau Mendanau demi kemajuan pariwisata mereka. (posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved