Breaking News:

Berita Belitung Timur

Wabup Belitung Timur Ingatkan Warga, Batas Wilayah Jangan Jadi Polemik tapi Permudah Administrasi

Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengimbau agar permasalahan batas wilayah tidak menjadi polemik di masyarakat.

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Wabup Belitung Timur Khairil Anwar 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengimbau agar permasalahan batas wilayah tidak menjadi polemik di masyarakat, karena batas wilayah justru memudahkan suatu daerah dalam hal administrasi.

Selain itu, dia menilai batas wilayah antar desa di Belitung Timur sebagian besar sudah selesai.

Walaupun diakuinya masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan terkait dengan faktor adat dan tradisi setempat.

"Perlu diingat juga bahwa pemangku adat setempat berperan terhadap batas wilayah. Ini juga yang masih kita pertahankan selain dari penentuan batas wilayah berdasarkan aturan baku," kata Khairil kepada Posbelitung.co, belum lama ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Pemkab Belitung Timur Fitri Zakiah mengatakan, saat ini pemerintah tengah menetapkan batas Desa Simpang Pesak Kecamatan Simpang Pesak dengan Desa Lilangan Kecamatan Gantung dengan empat titik koordinat bantu yang merupakan batas antar desa dan antar dua kecamatan.

Empat titik koordinat tersebut ditetapkan di sepanjang antara Aik Dekat, Simpang Dekat dan titik terakhir di Aik Salemba.

“Dari hasil survei dan penegasan yang kita lakukan kemarin di lapangan, para pihak yang terlibat sepakat bahwa antar desa tersebut dipasang empat titik koordinat bantu yang merupakan batas antar dua desa dan antar dua kecamatan,” jelas Fitri Zakiah .

Selain itu, ia mengatakan akan menetapkan titik antara yang berfungsi mempermudah ketika akan dilakukan penetapan batas dari titik koordinat yang sudah ditentukan.

“Dari hasil ini nantinya dalam waktu dekat kami akan segera mengagendakan penandatangan berita acara kesepakatan batas. Setelah sebelumnya dilakukan koreksi di lapangan ataupun beberapa masukan dari tim,” kata Fitri.

Menurut Fitri, rencananya penegasan tapal batas ini akan dilakukan semacam launching atau deklarasi bersama kepala daerah.

“Dimana dalam 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati ini kita sudah menuntaskan setidaknya satu batas antar kecamatan dari beberapa batas antar kecamatan lainnya di Belitung Timur," kata Fitri. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved