Breaking News:

Berita Belitung Timur

3.800 Warga Belum Rekam KTP-el, Disdukcapil Belitung Timur Jemput Bola ke Desa-desa

Sebanyak 3.800 warga Belitung Timur dilaporkan belum memiliki KTP-el atau KTP eletronik.

Ist/Disdukcapil Beltim
Penyisiran perekaman KTP-el Disdukcapil pertama kali dilakukan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Sebanyak 3.800 warga Belitung Timur dilaporkan belum memiliki KTP-el atau KTP eletronik.

Mereka ini terdiri dari orang yang baru masuk usia minimal pembuatan KTP ataupun warga yang belum memiliki identitas sama sekali.

Ditemui posbelitung.co, Senin (8/6/2021), Plt Kepala Seksi Identitas Penduduk Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Belitung Timur Hairul mengatakan untuk menuntaskan masalah kependudukan ini pihaknya sudah melakukan program-program percepatan. Satu di antaranya adalah jemput bola perekaman KTP-el ke desa-desa.

"Kami sudah jalan sejak Mei 2021 lalu. Sampai sekarang sudah empat desa yaitu Bentaian, Aik Madu, Lenggang, dan Simpang Pesak. Kami menargetkan sampai Desember 2021 proses kependudukan terhadap 3.800 orang ini bisa selesai," kata Hairul.

Dia mengatakan, sebelum terjun ke lapangan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan adminduk desa setempat supaya bisa menyiapkan segala keperluan dan dokumen pendukung dalam perekaman KTP-el.

"Nanti warga yang terdaftar akan diambil fotonya serta perekaman data yang akan dimasukkan dalam sistem," ujar Hairul.

Hairul menekankan, bahwa seluruh proses perekaman KTP-el hingga jadi tidak ada biaya alias gratis. Ia mengimbau pada masyarakat agar tidak menggunakan calo dalam pembuatan KTP-el karena sekarang pembuatannya sudah semakin mudah dan gratis.

Bahkan kemudahan di bidang kependudukan ini sampai pada pembuatan beberapa dokumen kependudukan cukup dari desa saja tidak perlu ke Disdukcapil lagi.

"Semuanya demi memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan untuk masyarakat," kata Hairul. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved