Breaking News:

Berita Belitung Timur

DPRD Sampaikan Rekomendasi kepada Pemkab Belitung Timur Hasil Pansus Soal Polemik PT MASJ

DPRD Belitung Timur menggelar Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi kepada Pemkab Beltim terhadap permasalahan perkebunan PT Mitra Alam Subur Jaya.

Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Penyerahan rekomendasi dari Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja kepada Bupati Beltim Burhanudin, Senin (8/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- DPRD Belitung Timur menggelar Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi kepada Pemkab Beltim terhadap permasalahan perkebunan PT Mitra Alam Subur Jaya, Selasa (08/06/2021).

Beberapa rekomendasi yang disampaikan  di antaranya ialah pemerintah daerah tidak boleh melakukan pembiaran terhadap permasalahan antara PT Mitra Alam Subur Jaya, koperasi, dan masyarakat yang sudah terjadi dari tahun 2015 sampai saat ini, pemerintah daerah agar lebih tegas dalam mengambil keputusan terkait permasalahan antara PT Mitra Alam Subur Jaya, koperasi, dan masyarakat yang terdampak, dan pemerintah daerah secepatnya menyelesaikan sengketa antara koperasi dengan PT Mitra Alam Subur Jaya.

"Dalam langkah-langkah mengambil keputusan itu supaya Pemerintah Daerah bersama PT Mitra Alam Subur Jaya, koperasi dan masyarakat harus duduk bersama dalam penyelesaian masalah agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan dalam permasalahan ini dan menekankan kepada Pemerintah Daerah supaya mengambil langkah tegas terkait tidak adanya izin dari PT Mitra Alam Subur Jaya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," mengutip bunyi rekomendasi.

Selain itu, rekomendasi juga menyatakan pemerintah daerah tidak boleh melakukan pembiaran terhadap permasalahan antara PT Mitra Alam Subur Jaya, koperasi dan masyarakat yang sudah terjadi dari tahun 2015.

Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur harus hadir dalam mengatasi setiap permasalahan yang ada di daerah terutama menyangkut masyarakat Kabupaten Belitung Timur, pemerintah daerah untuk kedepannya harus lebih pro-aktif dan menata kembali legalitas dalam hal yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan baik yang bergerak dalam bidang perkebunan dan lain-lainnya yang akan didirikan di Kabupaten Belitung Timur.

Terakhir, pemerintah daerah harus lebih jeli dan paham terhadap permasalahan-permasalahan yang ada dilapangan, jangan sampai masyarakat kita dirugikan dan alam kita diekploitasi tak berkesudahan, harus ada asas keadilan untuk investor, masyarakat, dan alam Belitung Timur.

"Kami harapkan setelah Panitia Khusus (Pansus) ini selesai, pemerintah daerah mengadakan evaluasi secara berkala terhadap perusahaan, pihak koperasi dan masyarakat yang tergabung dalam keanggotaan koperasi atau masyarakat pemilik lahan, jangan sampai setelah Panitia Khusus (Pansus) ini berakhir tidak ada tindaklanjut dari Pemerintah Daerah," demikian bunyi rekomendasi.

Penyerahan rekomendasi dari Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja kepada Bupati Beltim Burhanudin, Senin (8/6/2021).
Penyerahan rekomendasi dari Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja kepada Bupati Beltim Burhanudin, Senin (8/6/2021). (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Menanggapi hal tersebut, Bupati Belitung Timur,  Burhanudin berjanji segera menyelesaikan rekomendasi Pansus DPRD terhadap PT MASJ. Namun, mengingat rekomendasi yang cukup banyak maka penyelesaian dilakukan secara bertahap.

"Satu persatu melalui dinas terkait. Jadi banyak hal yang harus diselesaikan. Yang jelas investasi harus kita selamatkan, masyarakat juga harus kita bina jangan sampai ada yang dirugikan. Kita akan undang semua pihak untuk menyelesaikannya," kata Burhanudin.

Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja berharap hasil kerja Pansus berupa rekomendasi dapat segera ditindaklanjuti. Apalagi persoalan PT MASJ sudah lama bergulir tanpa kepastian.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved