Breaking News:

Jamaah Haji Indonesia Tetap Batal Diberangkatkan, Dubes Arab Datangi MUI Jelaskan Alasannya

Dubes Saudi meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media pasca pembatalan beberangkatan haji oleh pemerintah.

Editor: Hendra
Tribunnews.com/Reza Deni
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi saat berada di Kantor Wakil Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020) 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA -- Keberangkatan jamaah haji asal Indonesia tahun 2021 dibatalkan oleh pemerintah.

Kabar pembatalan jamaah haji ini pun kemudian disebut-sebut terkait hubungan negara Arab Saudi dan Indonesia.

Terkait hal ini Duta Besar (Dubes) Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi pun kemudian meluruskannya.

Ia mengunjungi Kantor MUI Pusat di Jakarta pada hari ini, Selasa (8/6/2021) untuk memberikan penjelasan alasan pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia.

Dalam kunjungannya tersebut, secara khusus Dubes Saudi meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media pasca pembatalan beberangkatan haji oleh pemerintah.

Essam menyebut pembatalan haji sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Arab Saudi.

"Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia," ujar Essam melalui keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Selain itu, Essam mengatakan pembatalan ini tidak terkait dengan masalah vaksinasi Covid-19 untuk jemaah haji.

"Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media," ucap Essam.

Seperti diketahui belakangan beredar informasi bahwa jemaah haji Indonesia batal menunaikan ibadah haji karena vaksin Covid-19 asal China yakni Sinovac tidak diakui penggunaannya oleh Arab Saudi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved