Breaking News:

Berita Belitung

Pulau Belitung jadi Unesco Global Geopark, Belitung dan Belitung Timur Kerjasama Pembangunan Daerah

Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) laksanakan kesepakatan kerjasama pembangun daerah

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Suharli
Penandatanganan MoU antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di ruang Rapat Bupati Belitung. Selasa (8/6/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim) laksanakan kesepakatan kerjasama pembangun daerah, hal tersebut sehubungan dengan Pulau Belitung menjadi Unesco Global Geopark (UGG).

Bupati Belitung Timur, Burhanudin usai menandatangani MoU bersama Dengan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Aan mengatakan kerjasama ini adalah sebuah terobosan baru oleh kedua kabupaten di Pulau Belitung.

"Ini awal kerjasama MoU cakupannya global, dalam semua aspek. Awalnya dari petetapannya Pulau Belitong jadi UGG,  kami mencoba mengembangkan program dari UGG dari sektor kepariwisataan, tidak menutup kemungkinan ke depan antar OPD Belitung dan Beltim akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) misal RSUD dengan RSUD," jelas Burhanudin yang akrab disapa Aan kepada Posbelitung.co, Selasa (08/07/2021).

Penandatanganan MoU antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di ruang Rapat Bupati Belitung, Selasa (8/6/2021)
Penandatanganan MoU antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di ruang Rapat Bupati Belitung, Selasa (8/6/2021) (Posbelitung.co/Suharli)

Menurutnya, inti dari MoU antara Belitung dan Belitung Timur bersatu dalam satu konsep satu pulau untuk pembangunan infrastruktur dan suprastruktur daerah secara utuh, guna satu tujuan pembangunan masyarakat secara utuh.

"Walaupun Belitung dan Beltim punya perbedaan, Belitung punya visi, Belitung Timur punya misi, keduanya punya goal yang lain, Belitung punya luas wilayah dan SDA dan Beltim punya luas wilayah dan punya SDA dengan pemanfaatan masing-masing, intinya kami ingin menjadikan Pulau Belitung menjadi pulau bersama  untuk kesejahteraan masyarakat," bebernya.

Penandatanganan MoU antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di ruang Rapat Bupati Belitung. Selasa (8/6/2021)
Penandatanganan MoU antara Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di ruang Rapat Bupati Belitung. Selasa (8/6/2021) (Posbelitung.co/Suharli)

Bupati Sahani Saleh di tempat yang sama menyampaikan MoU ini menindaklanjuti apa yang selama ini sudah dikerjasamakan, terutama nomenklatur pulau Belitong berbasis geopark.

Dia mencontohkan, misalnya nomenklatur berkaitan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dia menjelaskan dalam halnitu ada kawansan KEK Tanjungpandan dan sekitarnya.

"Itu kan artinya sekitarnya termasuk juga Belitung Timur, cuman memang dulu beluknyambung, dengan adanya Geopark in ada multi efek sektor pembangunan," ujar pria yang akrab disapa Sanem itu.

Menurutnya sesuai dengan perintah Presiden RI, pembangunan tidak perlu banyak yang terpenting harus konsen sesuai juga dengan Privinsi.

Kedepan dia berharap ada kerjasama misalnya geologi, geodiversity dan geoculture.

"Proyek pertama menindaklanjuti apa yang telah direkomendasikan oleh UGG untuk keningjatkan geosite, lebih-lebih swkarang fokusnya ke geomarine  jadi Beltim lebih potensi dimana Beltim banyak pulau-pulau kecil," bebernya. 
(Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved