Breaking News:

Wawacara Eksklusif

Haji 2021 Batal, Jemaah Belitung Diharapkan Tegar dan Sabar Serta Terus Ikut Bimbingan Manasik Haji

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) membatalkan keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) 2021.

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
IST/Dok Pos Belitung
Bincang ekslusif jurnalis Pos Belitung bersama Kepala Kantor Kemenag Belitung H Masdar Nawawi, Rabu (9/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) membatalkan keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) 2021.

Pengumuman tersebut telah disampaikan melalui Keputusan Menteri Agama nomor 660 tahun 2021.

Lalu bagaimana imbasnya terhadap para calhaj di Belitung? Berikut wawancara khusus Pos Belitung bersama Kepala Kantor Kemenag Belitung H Masdar Nawawi, Rabu (9/6/2021).

Sudah dua tahun pembatalan haji. Bagaimana kondisi para jemaah calhaj Belitung?

Diterbitkannya Keputusan Menag (KMA) nomor 660 tahun 2021 tentang pembatalan penyelenggaraan ibadah haji 2021 dimana Kabupaten Belitung ada 160 jemaah calhaj yang batal berangkat tahun ini. Yang mana jemaah ini adalah jemaah dari tahun 2020, lalu 2021 kembali gagal berangkat dengan alasan pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, adanya KMA ini kami sudah menginformasikan kepada jemaah melalui aplikasi Binmas Islam. Agar 71 laki-laki dan 98 wanita mengetahui adanya pembatalan keberangkatan haji ini.

Untuk itu kami sampaikan kepada jemaah calhaj agar tetap tegar dan bersabar walaupun pemerintah sudah berupaya agar pelaksanaan bisa berjalan.

Namun karena kondisi belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, maka dengan berat hati lebih baik bagi jemaah kita, adanya penundaan keberangkatan. Nanti mereka (calhaj) akan menjadi prioritas buat berangkat di 2022 nanti.

Apakah data jemaah calhaj tahun ini sama dengan 2020 lalu atau ada perbedaan?

Masih sama. Sebelumnya ada empat jemaah calhaj yang wafat, tapi tetap bisa digantikan ahli waris yang penting bukan cucu. Bisa diganti anak kandung, suami atau istri.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved