Breaking News:

Info Kesehatan

Jangan Lagi Dilakukan, Risiko Diabetes Meningkat Kalau Sering Begadang Alias Night Owl!

Para ilmuwan di Italia mengamati 172 orang paruh baya sebagai bagian dari studi pencegahan obesitas tentang jadwal tidur dan penyakit.

Editor: Rusaidah
Freepik.com
Risiko diabetes bisa meningkat kalau kamu sering begadang atau menjadi night owl. 

POSBELITUNG.CO - Berbagai faktor bisa menjadi risiko utama penyakit jantung dan diabetes, misalnya obesitas, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Tetapi, sebuah studi baru menunjukkan bahwa mungkin ada faktor risiko lain yang juga berperan dan biasa kita lakukan.

Kebiasaan tersebut adalah dari pola tidur, termasuk night owl.

Dilansir Grid.ID dari laman Eatthis,.com, para peneliti menemukan bahwa orang yang begadang di malam hari memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah jantung dan diabetes tipe 2.

Ternyata night owl atau sebutan bagi mereka yang suka tidur larut malam hingga menjelang pagi akan rentan terhadap dengan kesehatan yang buruk.

Para ilmuwan di Italia mengamati 172 orang paruh baya sebagai bagian dari studi pencegahan obesitas tentang jadwal tidur dan penyakit.

Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok: bangun pagi, yang cenderung bangun dan paling aktif di pagi hari, dan night owl.

Ketiga kelompok memiliki BMI (indeks massa tubuh) yang serupa, tetapi night owl lebih cenderung makan makan malam besar dan tidak berolahraga.

Mereka juga lebih rentan terhadap kebiasaan tidak sehat lainnya, seperti penggunaan tembakau.

Temuan lain juga mendukung studi sebelumnya yang menyatakan bahwa night owl memiliki risiko 1,3 kali lipat tekanan darah tinggi dan kolesterol, dibandingkan dengan orang yang bangun pagi.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved