Breaking News:

Berita Belitung

Pokdarwis Kelekak Nyiur Lestarikan Sejarah Timah di Desa Lalang, Kembangkan Edu Historical Tourism

Sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang pertimahan.

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Dok/PT Timah Tbk
Perwakilan PT Timah serahkan bantuan kepada Ketua kelompok sadar wisata Kelekak Nyiur Desa Lalang Manggar. 

POSBELITUNG.CO,  BELITUNG -- Sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang pertimahan Indonesia. 

Penambangan timah yang dilakukan dalam beberapa kurun waktu, memiliki nilai sejarah yang harus terus diingat sebagai bahan edukasi bagi generasi mendatang. 

Tidak terkecuali di Pulau Belitung yang juga memiliki sejarah penambangan timah. 

Sejarah menjadi salah satu potensi wisata yang bisa dikembangkan, untuk itu PT Timah Tbk menyalurkan bantuan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelekak Nyiur Desa Lalang, Kecamatan Manggar dalam pengembangan pengelolaan wisata berbasis Edu Historical Tourism Museum Sejarah Timah Belitung.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Kelekak Nyiur Desa Lalang Kecamatan Manggar Wira Sudharma mengatakan, mereka merintis wisata sejarah dengan konsep edu historical tourism ini sesuai dengan potensi yang dimiliki Desa Lalang.

Sebagaimana diketahui, Desa Lalang menjadi salah satu tempat kejayaan timah di Pulau Belitung

Baginya, dengan bantuan ini, PT Timah turut membantu dan menjaga sejarah kejayaan Timah Belitong yang sedang mereka rintis. Mereka mengemas sejarah kejayaan timah ini dengan konsep edu historical tourism. 

"Bantuan ini menjadi landasan semangat baru bagi kami untuk terus menjaga dan mengembangkan wisata edukasi sejarah di kampung kami,” kata Wira. 

Perwakilan PT Timah serahkan bantuan kepada Ketua kelompok sadar wisata Kelekak Nyiur Desa Lalang Manggar.
Perwakilan PT Timah serahkan bantuan kepada Ketua kelompok sadar wisata Kelekak Nyiur Desa Lalang Manggar. (Dok/PT Timah Tbk)

Menurutnya, PT Timah melalui CSR=nya juga merespon dengan cepat usulan yang mereka samapaikan untuk sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan wisata sejarah kejayaan timah di Desa Lalang

“PT Timah juga responsive terhadap usulan kami, kami diminta presentasi dari proposal yang kami ajukan. Prosesnya cepat dan dan tidak ribet. Semoga program ini terus berlanjut dan PT Timah berkomitmen untuk terus mendukung program kami yang berkelanjutan," ujarnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved