Breaking News:

Berita Belitung Timur

Punya Bakat Menulis? Yuk Gabung Kelas Menulis dari PAUN Dinas Perpustakaan Belitung Timur

Komunitas Penulis Andalan Untuk Negeri (PAUN) binaan Dinas Perpustakaan Belitung Timur bakal menggelar kelas menulis fiksi

Posbelitung.co / BryanBimantoro
Kepala Dinas Perpustakaan Beltim Amirudin menunjukkan kartu anggota perpustakaan edisi khusus Hari Jadi ke-149 Kota Manggar, Rabu (7/10/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Komunitas Penulis Andalan Untuk Negeri (PAUN) binaan Dinas Perpustakaan Belitung Timur bakal menggelar kelas menulis fiksi selama tiga kali di akhir pekan, yaitu 12-13, 19-20, dan 26-27 Juni 2021 mendatang.

Dihubungi Posbelitung.co, Rabu (9/6/2021), Ketua PAUN Belitung Timur Bahrul Ulum mengatakan lomba ini bertujuan untuk melatih dan mengajari menulis bagi para pemuda Beltim yang punya minat di bidang kepenulisan fiksi.

"Karena selama ini kami melihat Perpusda hanya menggelar lomba-lomba menulis. Saat ini kami berinisiatif mengadakan pelatihannya supaya ketika nanti ada lomba menulis, teman-teman sudah punya dasarnya," kata Bahrul.

Dia sendiri menilai para pemuda Belitung Timur punya potensi dalam hal menulis tulisan fiksi. Hanya saja dia mengatakan kurangnya wadah yang bisa dijadikan tempat bagi para peminat menulis ini menyalurkan pikirannya.

Dia berharap dengan adanya kelas menulis ini merupakan awal dari terbentuknya wadah tersebut. Bahrul sendiri berencana setelah kelas menulis ini usai, akan terus menerima konsultasi terkait kepenulisan fiksi ini supaya ada keberlanjutannya.

"Bagi yang ingin mendaftar silakan hubungi 083176874028. Kelas tersedia dalam online dan offline. Kelas akan dilaksanakan di Perpustakaan Daerah di Kompleks Perkantoran Beltim," kata Bahrul sembari mengatakan kelas offline dibatasi hanya 40 peserta.

Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh komunitas binaan Dispus Beltim ini. Ia menilai kegiatan positif ini bermanfaat karena bisa meningkatkan literasi sastra bagi para pemuda di Belitung Timur.

"Kita melihat banyak potensi pemuda yang belum dimaksimalkan dalam kepenulisan fiksi. Bisa saja nanti lahir Andrea Hirata yang kedua dan ketiga yang nanti bakal membanggakan daerah," ujarnya.

Sebagai bentuk nyata dukungan terhadap penyediaan wadah kepada para penulis fiksi, Dispus Beltim sudah membentuk Komunitas PAUN ini sejak seminggu lalu. Ia berharap komunitas ini bisa jadi wadah bagi mereka yang punya bakat dan minat terhadap bidang ini.

"Semoga komunitas ini bisa menjadi penyalur bakat dan minat mereka dalam menulis fiksi. Kami akan 100 % mendukung," tegasnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved