Breaking News:

Tumbuhnya Ritel Lokal dan Modern, Bikin Molen Senang Karena Serap Ratusan Tenaga Kerja

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil atau Molen senang kehadiran ritel memberi manfaat bagi masyarakat.

(BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN)
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kehadiran ritel modern di Kota Pangkalpinang memberikan dampak positif pencari kerja.

Banyak tenaga kerja lokal terserap di ritel lokal dan nasional tersebut.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil atau Molen senang kehadiran ritel memberi manfaat bagi masyarakat.

Sementara Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Pangkalpinang, Amrah Sakti menyebutkan ritel modern yang terus membuka gerai baru dan tentu membutuhkan karyawan baru, sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Kata Amrah, 620-an tenaga kerja baru terserap di ritel modern lokal dan nasioanal yang kini hadir berdasarkan pendataan Tahun 2020 lalu.

"Itu yang melaporkan ke kita dari proses rekruitemen sampai dengan selesai, tapi kan juga ada beberapa perusahaan yang tidak melaporkan seperti ritel-ritel kecil itu kita catat tahaun lalu hingga 900a tenaga kerja kita terserap," kata Amrah.

Makanya, jika dipandang dari sisi ketenagakerjaan, kehadiran ritel modern di Pangkalpinang tersebut memang sangat baik dan membantu memberikan peluang kerja bagi banyak orang.

"Kita ini kalau kita lihat tingkat pengangguran terbuka (TPT) itu tertinggi se Bangka Belitung, bahkan hampir menyamai angka nasional, di angka 6,9 persen, belum lagi akibat dampak Covid-19 kemarin. Tapi dengan kehadiran ritel modern itu kita bisa mengimbangi angka penempatan kita juga tinggi," jelasnya.

Diakui Amrah, selain ritel modern sejak Pandemi  Covid-19 kemarin hingga sekarang belum ada perusahaan yang melakukan rekritmen karyawan kembali.

"Kalau yang lain tidak ada, hanya di ritel modern itu yang membuka, kita tertolong di situ. Sampai dengan tahun ini mereka terus merekrut, ini tentunya baik apalagi nanti yang pencari kerja kita terus bertambah," katanya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Alza
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved