Breaking News:

Berita Belitung

Nomor Izin Edar Bisa Keluar Dalam Sehari, Loka POM Belitung Sosialisasi Pendaftaran Legalitas Produk

Pengurusan nomor izin edar produk olahan makanan harus melalui tahapan-tahapan tertentu.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kegiatan sosialisasi dan desk registrasi Loka POM Belitung di Pandan House Restaurant, Kamis (10/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengurusan nomor izin edar produk olahan makanan harus melalui tahapan-tahapan tertentu.

Seperti tahap audit sarana yang dilakukan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) buat memastikan sarana produksi memenuhi standar cara pembuatan pangan olahan yang baik (CPPOB).

"Kalau audit sarana ini yang melaksanakan kami dari Loka POM. Nanti kami akan membuat rekomendasi pemenuhan CPPOB," kata Plh Ketua Loka POM Belitung Dyah, Kamis (10/6/2021).

Surat itu bisa digunakan buat mendaftarkan akun ke sistem e-registration Badan POM secara daring. Dilanjutkan dengan mendaftarkan produk agar mendapatkan nomor izin edar.

Dalam proses pendaftaran e-registration tersebut memang lama, karena pendaftaran langsung berada di Badan POM pusat. Jumlah antreannya pun bisa ribuan UMKM.

Kemudian, Loka POM Belitung mengadakan sosialisasi dan desk registrasi dengan mengundang pelaku usaha agar mengetahui informasi pengurusan izin edar pangan olahan.

Bahkan pada kegiatan tersebut, hari keduanya akan diikuti pelaku usaha yang sudah mendapatkan rekomendasi.

Mengundang evaluator dari Badan POM pusat, proses izin edar terhadap produk yang telah didaftarkan dan mendapatkan rekomendasi bakal lebih cepat.

"Langsung terbit nomornya (izin edar. Apalagi kalau pelaku usaha sudah mendaftarkan, ada dua tahap, daftar akun perusahaan kemudian daftar produk. Kalau sudah daftar akun, sudah disetujui lebih cepat produknya," kata Pengawas Farmasi Makanan Ahli Muda Direktorat Registrasi Pangan Olahan, Dian Anggraeni.

"Mungkin ada yang sedang proses butuh tambahan data kami bantu lihat tambahan data, berikan pendampingan dan proses. Langsung dievaluasi saat itu juga," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved