Breaking News:

Advertorial

Informasi Tentang Belitung Timur Makin Mudah Diakses

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur meluncurkan aplikasi Lawang Beltim. peluncuran ditandai dengan pemukulan gong dari Bupati dan Wabup Belitung Timur

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Khamelia
IST
PEMUKULAN GONG - Bupati Belitung Timur Burhanudin dan Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar memukul gong sebagai tanda diluncurkannya Lawang Betim, Kamis (10/6). (IST/DOK DISKOMINFO BELTIM) 

Informasi Tentang Belitung Timur Makin Mudah Diakses
• Pemkab Belitung Timur Luncurkan Aplikasi Lawang Beltim
• Biaya Pembuatan Nol Rupiah

POSBELITUNG.CO -- PEMERINTAH Kabupaten Belitung Timur meluncurkan aplikasi Lawang Beltim, Kamis (10/6). Peluncuran ditandai dengan pemukulan gong dari Bupati Belitung Timur Burhanuddin dan Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar di Auditorium Zahari MZ.

Lawang Beltim merupakan aplikasi digital berupa portal. Di dalamnya terdapat berbagai informasi dan layanan, serta tempat pengaduan terhadap pelayanan pemerintah terutama di Pemkab Beltim.
Dengan tagline ‘Satu Lawang Untuk Semua, portal ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Timur dengan Indigo Grup, dalam rangka mendukung program 100 Hari dan Visi Misi Bupati dan Wabup Belitung Timur.

Bupati Belitung Timur Burhanudin mengemukakan, Lawang Beltim merupakan satu dari langkah Pemkab Beltim dalam rangka memperbaharui sistem informasi publik sehingga mudah untuk diakses oleh masyarakat.

“Kita ingin melakukan pembaharuan terhadap informasi daerah secara utuh. Oleh karena itu, seluruh kepala dinas harus meng-update itu (informasi dinas-red),” kata Burhanudin.

Disinggung mengenai berapa anggaran yang dikeluarkan dalam rangka menciptakan Portal Lawang Beltim ini, Burhanudin menyebut bahwa sampai saat ini pembuatan Portal Lawang Beltim tidak menggunakan sepeserpun anggaran. Hal ini karena Lawang Beltim merupakan sebuah karya atas kontribusi pemuda-pemuda Belitung Timur yang ingin didedikasikan untuk kemudahan masyarakat Belitung Timur.

Akan tetapi, menurutnya, di tahun berikutnya secara bertahap harus dianggarkan. Karena di setiap tahunnya harus ada perubahan-perubahan yang harus dilakukan oleh dinas terkait seiring perkembangan zaman.
“Untuk sementara nol Rupiah. Jadi apa yang telah disusun oleh kawan-kawan di Indigo Grup ini, karena kepeduliannya atas keterbatasan anak-anak muda untuk mengakses informasi pemerintah daerah. Setelah itu, secara bertahap kita akan mencoba untuk dianggarkan oleh Diskominfo,” jelasnya.
Informasi Akuntabel

Kepala Diskominfo Kabupaten Belitung Timur Gustaf Pilandra mengatakan, Lawang Beltim ini nantinya dapat diakses melalui dua versi, yakni android dan portal website. Tujuannya, agar dapat mengurangi asimetris informasi serta memberikan informasi yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Berbagai informasi dan layanan dapat diakses masyarakat dengan mudah, termasuk di dalamnya informasi perangkat daerah, objek wisata, pelayanan PBB, perkembangan Covid, serta masih banyak lagi fitur-fitur lain yang akan dikembangkan ke depannya,” jelas Gustaf.

Disamping itu, tambahnya, ada satu hal baru yang juga terdapat dalam aplikasi ini. Yakni tersedianya fitur yang memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk melaporkan berbagai pengaduan.

“Kami berharap seluruh masyarakat yang membutuhkan informasi perihal Kabupaten Beltim dapat dengan mudah mengaksesnya di Portal Lawang Beltim, melalui genggaman ponsel pintar,” ujar Gustaf.

Dengan diluncurkannya portal Lawang Beltim, maka situs resmi Pemkab Beltim akan mengalami pembaharuan. Semula di belitungtimurkab.go.id berubah menjadi beltim.go.id.

“Kita mengharapkan sekali komitmen, dukungan, dan keseriusan kepala perangkat daerah untuk mengisi konten-konten dan memutakhirkan data dan informasi yang ada di portal ini melalui narahubung yang telah ditunjuk dan ditugaskan melalui SK Bupati,” harap Gustaf.

Meski diakuinya belum sempurna, namun Portal Lawang Beltim merupakan aplikasi berproses yang akan terus dilakukan pengkinian data, baik dari segi tampilan maupun kontennya. (Advertorial/)

PENYERAHAN PENGHARGAAN - Bupati Belitung Timur menyerahkan penghargaan kepada pimpinan Indigo Grup pada momen peluncuran Lawang Beltim di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Kamis (10/6). (IST/DOK DISKOMINFO BELTIM)
PENYERAHAN PENGHARGAAN - Bupati Belitung Timur menyerahkan penghargaan kepada pimpinan Indigo Grup pada momen peluncuran Lawang Beltim di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Kamis (10/6). (IST/DOK DISKOMINFO BELTIM) (IST)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved