Breaking News:

Warga Belitung Timur Diterkam Buaya

Konflik Manusia VS Buaya Kembali Terjadi di Belitung Timur, Wabup Khairil Bilang Begini

Edy diterkam buaya pada Minggu (13/6/2021) pagi pukul 05.30 wib saat tengah bersiap melimbang timah

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Pos Belitung
Tim SAR gabungan, Minggu (13/6/2021) melakukan penyisiran di sungai Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur untuk mencari korban diterkam buaya. Pos Belitung/Suharli 

POSBELITUNG.CO--Konflik manusia dan buaya kembali terjadi di Belitung Timur. Kali ini menimpa Edy Pradesa berusia 42 tahun warga Desa Gantung Belitung Timur.

Dia diterkam buaya pada Minggu (13/6/2021) pagi pukul 05.30 wib saat tengah bersiap melimbang timah.

Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengatakan pemerintah sudah berupaya berkali-kali mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas di Sungai Lenggang. Karena diduga di sungai ini banyak bersarang buaya ganas yang berbahaya.

Wabup Khairil bilang ke depan pemerintah bakal menentukan langkah strategis demi mengeliminasi konflik sejenis terjadi kembali di Belitung Timur.

"Saya pikir ini penyebabnya adalah lingkungan dan habitat buaya yang terganggu. Manusia selalu mengusik. Sama seperti kita kalau diusik kan bagaimana?" kata Wabup saat memantau jalannya proses evakuasi oleh Tim SAR Gabungan, Minggu pagi.

Khairil mengingatkan manusia tidak hidup sendiri jadi ia memohon agar hati-hati dan memikirkan yang lain saat beraktivitas.

Khairil bilang pemerintah sudah sering melarang, mengimbau, dan menertibkan aktivitas yang mengganggu lingkungan namun belum dijadikan perhatian dari masyarakat.

"Kita berharap kejadian ini tidak lagi terjadi ke depannya. Pemerintah bakal berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait apakah hewan ini bakal dibuat penangkaran atau seperti apa kita lihat nanti. Yang pasti pemerintah tidak diam," tambahnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved