Breaking News:

Warga Belitung Timur Diterkam Buaya

Video Pencarian Korban Terkaman Buaya di Belitung Timur Gunakan Ritual Adat

Pencarian korban terkaman buaya di Sungai Lenggang, Belitung Timur menggunakan ritual adat kampung setempat.

Penulis: Suharli | Editor: Fitriadi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pencarian korban terkaman buaya di Sungai Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur bernama Edy Pradesa (42), Minggu (23/6/2021) menggunakan ritual adat kampung setempat.

Ritual itu dilakukan agar mendapatkan petunjuk keberadaan korban.

Camat Gantung Yusmawandi mengatakan,  konflik buaya dan manusia di Sungai Lenggang Gantung sudah beberapa kali terjadi. 

Ia menuturkan, pemerintah Kecamatan sebelum kejadian ini terjadi juga sudah pernah dihubungi oleh pihak swasta yang mewacanakan akan membuat penangkaran buaya

"Kami sudah bicara, ada rencana dari pihak swasta akan investasi penangkaran buaya, namun untuk lebih lanjutnya kami juga masih menunggu. Saya rasa ini sangay baik memgingat jumlah buaya di sungai Lenggang cukup banyak," ujarnya kepada posbelitung.co, Minggu (13/6/2021). 

Kata dia, pada tahun 2021, ini adalah kejadian pertama hingga korban hilang, akibat diseret buaya saat sedang beraktifitas mencari timah di pinggir sungai Lenggang. 

Beberapa waktu lalu juga sempat ada kejadian buaya menyerang warga yang menambang di dekat area bedungan PICE, namun orang tersebut selamat dan hanya mengalami luka ringan. 

Ia menjelaskan aktifitas tambang sungai lenggang khususnya di dekat area bendungan PICE ilegal atau dilarang.

"Kami sudah sering melarang agar masyarakat tidak menambang di dekat Bedungan PICE, namun penertiban yang dilakukan serta imbauan yang dibetikan seakan tidak diindahkan, sehingga ada kejadian warga diaerang buaya," ujar Yusmawandi. 

Pencarian korban hilang akibat serangan buaya dilakukan dengan berbagai cara, selain Tim Sar Gabungan, satu diantara cara lainnya yakni dengan  menggelar ritual adat, tampak tetua adat mengumpulkan beberapa barang-barang keperluannya. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved