Breaking News:

Berita Belitung

Kasau Sebut Kelancaran Latihan Perang Wujud Pembuktian TNI AU Kepada Masyarakat

Seluruh target yang terpasang di Air Weapon Range (AWR) Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur dapat dihancurkan dengan tepat.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Eltjandring
(posbelitung.co /dede s)
Asap hitam mengepul akibat hantaman rudal pesawat tempur latihan perang Jalak Sakti 2021 dan Hardha Marutha Wing I Pashkas, Senin (14/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bangga setelah menyaksikan pelaksanaan latihan perang Jalak Sakti 2021 dan Hardha Martuha Wing I Paskhas berjalan lancar pada Senin (14/6/2021).

Seluruh target yang terpasang di Air Weapon Range (AWR) Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur dapat dihancurkan dengan tepat.

Menurutnya kelancaran latihan perang tersebut menunjukan profesionalisme prajurit TNI AU.

"Alhamdulillah tadi sama-sama kita saksikan tadi semuanya berjalan lancar dan sukses. Ini meruoakan bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada masyarakat," ujarnya kepada awak media.

Ia mengatakan latihan perang Jalak Sakti 2021 dan Hatdha Marutha Wing I Paskhas merupakan latihan tingkat Koopsau I digabungkan dengan Koopspashkas.

Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme personil TNI AU dalam merencanakan dan melaksanakan operasi udara.

Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, prajurit TNI AU tetap melaksanakan latihan demi menjaga kedaulatan NKRI.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubenur Kepulauan Babel, Bupati Belitung dan Belitung Timur serta jajaran forkopimda khususnya Lanud H AS Hanandjoeddin. Juga kerja sama seluruh masyarakat di sekitar wilayah AWR Buding ini," katanya.

Fadjar menambahkan pemilihan AWR Buding sebagai lokasi latihan perang 2021 dikarenakan letaknya yang strategis dekat dari bandara lainnya.

Selain itu, areanya juga cukup luas dan jauh dari pemukiman sehingga aman untuk penggunaan peluru tajam.

Turunkan Dua Pesawat F16 Moderenisasi

Ia menambahkan pihaknya juga selalu mengajukan peremajaan alutsista sesuai dengan kebutuhan kepada Kementerian Pertahanan.

Ia menyampaikan dalam pelaksanaan latihan perang kali ini, Koopsau I mengerahkan alutsista yang sudah dimoderenisasi yaitu pesawat tempur F16 E-MLU dan F16 YD.

"Tadi kita lihat hasil dua pesawat F16 yang sudah dimoderinsasi dan hasilnya sangat tepat," katanya.

(posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved