Breaking News:

Advertorial

Desa Aik Ketekok Prioritaskan Peningkatan SDM

Desa Aik Ketekok merupakan satu diantara sembilan desa yang berada diwilayah kecamatan Tanjungpandan Belitung. Berdiri semenjak 15 Agustus 2011

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Khamelia
Dede
Kades Antoni memantau kegiatan pelatihan pangkas rambut di kantor desanya, Kamis (10/6). Pos Belitung/Dede S 

POSBELITUNG.CO--DESA Aik Ketekok merupakan satu diantara sembilan desa yang berada di wilayah Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Berdiri semenjak 15 Agustus 2011 silam, desa ini memiliki luas wilayah 405 hektar dan jumlah penduduk sekitar 4.000 jiwa pecahan dari Desa Aik Merbau.

Berada di Pusat Kota Tanjungpandan dengan kepadatan penduduk tinggi, Desa Aik Ketekok tentunya minim potensi pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan. Oleh sebab itu, pemerintah desa memprioritaskan pemanfaatan anggaran desa untuk program peningkatan sumber daya manusia berwujud pelatihan seperti pelatihan mekanik, tata rias, potong rambut dan lainnya.

“Pelatihan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi baru dan membekali masyarakat agar lebih mandiri serta berdaya saing,” ujar Kepala Desa Aik Ketekok Antoni, Jumat (11/6).

Selain itu, pemerintah desa juga memberikan dukungan terhadap pelaku UMKM agar lebih berkembang dan mandiri. Beberapa sektor usaha yang menjalin kerja sama dengan Desa Aik Ketekok meliputi produksi tahu rumahan, digital printing, pertanian dan peternakan ayam.

Selain dukungan anggaran, pemerintah desa juga membantu memfasilitasi pelaku UMKM kepada pemerintah Kabupaten Belitung agar mendapat bantuan terutama dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Jadi kami tetap memberikan dukungan kepada pelaku UMKM agar lebih berkembang. Karena hasil produksi mereka selama ini sudah menjangkau pasar wilayah Belitung,” katanya.

Ia menambahkan wilayah Desa Aik Ketekok memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap mulai dari Paud, TK, SD, SMP, SMA/SMK hingga Akademi baik berstatus negeri maupun swasta. Demi mendukung aktifitas masyarakat, pemerintah desa juga terus membenahi sarana prasana olahraga.

“Desa Aik Ketekok memiliki fasilitas pendidikan dan kesehatan yang cukup lengkap, ditambah sarana olahraga yang terus kami perbaharui demi menunjang aktifitas masyarakat,” katanya.

Antoni berharap ke depan Desa Aik Ketekok bisa terus berkembang didukung dengan peningkatan ekonomi menuju desa yang maju, mandiri dan sejahtera. (Advertorial/dol)

CEK AREA PERTANIAN - Kepala Desa Aik Ketekok, Antoni mengecek area pertanian warga. Pos Belitung/Dede S
CEK AREA PERTANIAN - Kepala Desa Aik Ketekok, Antoni mengecek area pertanian warga. Pos Belitung/Dede S (Dede)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved