Breaking News:

Berita Belitung Timur

Heboh di Sosmed Laut Olivier Belitung Timur Bakal Ada Penambangan Laut, Ini Tanggapan Bupati  

Beredar di media sosial surat undangan berkop PT Timah perihal rapat koordinasi rencana perusahaan tambang itu terkait Rencana Zonasi Wilayah

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
(Posbelitung.co/Dok)
Bupati Belitung Timur Burhanudin. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Beredar di media sosial surat undangan berkop PT Timah perihal rapat koordinasi rencana perusahaan tambang itu terkait Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) dan Rencana Tata Ruang Wilayah pasca terbitnya UU 11/2020 tentang Cipta Kerja dan PP 21/2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Di surat itu disebutkan bahwa sehubungan dengan rekomendasi tata ruang atau penetapan lokasi dalam penyusunan dokumen AMDAL penambangan laut di Laut Olivier Belitung Timur maka pertemuan ini digelar. Surat itu sendiri tertanggal 25 Mei 2021 dan rapat koordinasi dilaksanakan 3 Juni 2021 di Hotel Borobudur Jakarta.

Dalam surat tersebut terlampir daftar undangan, di antaranya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Belitung Timur, serta pejabat-pejabat terkait dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemendagri, Bappenas, BPN, Kemen-ESDM, KLHK, Kemenko-Marves, KPK, dan beberapa kepala OPD di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikonfirmasi terkait apakah benar bakal ada rencana penambangan laut di Laut Olivier Belitung Timur, Bupati Belitung Timur Burhanudin tidak berkomentar banyak.

Dia mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan pusat sedangkan daerah tidak punya kewenangan menentukan keputusan.

"Kita berada dalam posisi tidak menerima ataupun tidak menolak. Karena semuanya ada di tangan pusat," ujar Burhanudin kepada posbelitung.co saat ditemui di kantornya, Selasa (15/6/2021).

Posbelitung.co sempat menanyakan apakah nanti ketika penambangan laut benar-benar terjadi di Laut Olivier akan membuat lingkungan sekitar rusak, Burhanudin menjawab akan melihatnya nanti.

"Kita lihat dulu nanti. Jangan suka berandai-andai dulu," kata Burhanudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved