Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Brigadir Endro Nugroho Rela Gendong Nenek-nenek untuk Vaksinasi Covid-19  

Bhabinkamtibmas Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur bernama Brigadir Endro Nugroho rela

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Brigadir Endro Nugroho saat menggendong Nek Lahami untuk vaksinasi di Desa Simpang Tiga, Selasa (15/6/2021). (Ist/Polsek Gantung) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bhabinkamtibmas Desa Simpang Tiga, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur bernama Brigadir Endro Nugroho rela menggendong nenek-nenek di wilayah tugasnya supaya bisa ikut vaksinasi covid-19.

Kepada posbelitung.co, Rabu (16/6/2021), dia bercerita bahwa kejadian tersebut bermula ketika ada program vaksinasi untuk para lansia di Desa Simpang Tiga, Selasa (15/6/2021) kemarin.

Lelaki berusia 36 tahun itu menyadari bahwa banyak lansia di wilayahnya yang kesusahan pergi untuk vaksinasi, baik karena sedang berkebun ataupun sakit. Ketika Brigadir Endro ini menyisir warga lansia, dia menemukan nenek bernama Lahami (62). Lalu ia mengajak ngobrol nenek tersebut dan mengajaknya vaksinasi.

"Saat ditanya mau vaksinasi atau tidak, Nek Lahami bilang mau. Tapi kondisi beliau harus pakai tongkat kalau berjalan sehingga saya menawarkan agar digendong saja. Alhamdulillaah beliau mau digendong, lalu saya bawa ke Poskesdes supaya bisa divaksinasi," kata lelaki beranak satu ini.

Brigadir Endro bilang saat itu prioritasnya hanya vaksinasi saja, namun saat sampai di tempat vaksinasi ternyata ada dokter juga. Kemudian dia meminta dokter tersebut sekalian memeriksa kondisi kesehatan Nek Lahami.

"Setelah diperiksa, ternyata Nek Lahami mengalami tekanan darah tinggi sehingga tidak bisa melakukan vaksinasi saat itu," kata Brigadir Endro.

Ia mengatakan niatnya membantu Nek Lahami untuk ke tempat vaksinasi adalah upayanya mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk para lansia. Karena menurutnya di masa pandemi ini, lansia sangat rentan terpapar apalagi jika sudah ada penyakit penyerta yang diderita.

Ia sendiri mengatakan dalam tiga pilar yaitu desa, bhabinkamtibmas, dan babinsa berperan aktif dalam program vaksinasi di desa tersebut. Mereka biasa juga melakukan tracing dan treatment terhadap pasien positif covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Alhamdulillaah saat ini Desa Simpang Tiga sudah zona hijau. Tidak ada pasien positif covid-19. Tinggal kita gencarkan lagi untuk program vaksinasi ini. Dari Polsek Gantung sendiri kami sering melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan sehingga masyarakat makin sadar," kata Endro.

Lebih lanjut, ia menilai antusias masyarakat untuk vaksinasi sebenarnya cukup tinggi. Hanya saja menurutnya stok vaksin yang terbatas membuat warga harus menunggu giliran divaksinasi.

Karena itulah, ia meminta masyarakat harus memanfaatkan kesempatan jika ada vaksinasi gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah. Selain dari pemerintah, Brigadir Endro bilang saat ini ada program dari Kapolri satu juta vaksin gratis untuk masyarakat.

"Saat ini pun dari Polres Belitung Timur sedang menggelar vaksinasi gratis. Hari ini digelar di Kelapa Kampit dan Jumat (18/6/2021) bakal digelar di Polres Belitung Timur. Ayo kita manfaatkan vaksinasi gratis ini, sebelum nantinya vaksin ini akan berbayar," ajaknya.

Sebagai bhabinkamtibmas, ia mengajak seluruh masyarakat agar tidak mudah terhasut kabar bohong terkait vaksinasi. Ia meminta masyarakat agar meminta informasi kepada RT atau Kadus setempat jika ada keraguan atas suatu hal.

"Vaksinasi memang tidak membuat kita kebal virus corona. Namun vaksinasi ini akan membuat sistem kekebalan tubuh kita bisa melawan virus corona ketika nanti kita terpapar," kata Brigadir Endro yang sudah jadi bhabinkamtibmas Desa Simpang Tiga selama hampir tujuh tahun terakhir ini. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved