Breaking News:

Advertorial

Desa Perawas Dukung Swasembada Pangan

Demi mendukung terwujudnya swasembada pangan, pemerintah desa perawas fokus terhadap pengembangan sektor pertanian, peternakan dan perikanan

Editor: Fery Laskari
Dede
KEPALA Desa Perawas Yahya meninjau sawah milik Gapoktan Panca Sakti di Dusun Kelekak Usang, Sabtu (12/6). (pos belitung/dede s 

Desa Perawas Dukung Swasembada Pangan
• Prioritas Kembangkan Peternakan, Pertanian dan Perikanan

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Demi mendukung terwujudnya swasembada pangan, Pemerintah Desa Perawas fokus terhadap pengembangan sektor pertanian, peternakan dan perikanan yang terintegrasi dengan pasar desa.

Kepala Desa Perawas, Yahya mengatakan, ketiga sektor merupakan potensi unggulan di wilayahnya dan pemerintah desa memberikan dukungan sebagai upaya pengembangan usaha.
Oleh sebab itu diperlukan wadah untuk mengintegrasikan ketiga sektor tersebut demi meningkatkan perekonomian masyarakat berwujud pasar desa. “Kenapa kami fokus ketiga sektor itu karena kami tidak mau berandai-andai. Kami tidak mampu bicara pariwisata, jadi lebih menggarap potensi yang selama ini sudah ada, tinggal dikembangkan saja,” ujar Yahya, Sabtu (12/6) lalu.

Ia menjelaskan, pada sektor pertanian, pemerintah desa bekerja sama dengan Gapoktan Panca Sakti menggarap sawah seluas 15 hektar dan tanaman sayuran lainnya. Sedangkan sektor peternakan, di Desa Perawas ada unit usaha pembibitan sapi potong yang dikelola Kelompok Tani Kridatama di bawah binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Belitung.

Di sektor perikanan, pemerintah desa sedang mengembangkan budidaya ikan air tawar jenis ikan nila. Kemudian, demi meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan memasarkan hasil panen petani, pemdes Perawas membuka pasar tani. “Kami juga sedang menyiapkan unit usaha di sektor peternakan membuka peternakan ayam pedaging dan petelur. Usaha ini nantinya dijalankan oleh BUMDes untuk menambah PADes,” katanya.

Ia mengakui sementara ini, pemdes belum maksimal memberikan dukungan dari sisi anggaran dikarenakan fokus penanganan Covid-19. Namun tak menutup kemungkinan ke depan, pihaknya akan memaksimalkan anggaran demi terwujudnya desa yang mandiri. (Advertorial/Dol)

KEPALA Desa Perawas Yahya meninjau sawah milik Gapoktan Panca Sakti di Dusun Kelekak Usang, Sabtu (12/6). (pos belitung/dede s
KEPALA Desa Perawas Yahya meninjau sawah milik Gapoktan Panca Sakti di Dusun Kelekak Usang, Sabtu (12/6). (pos belitung/dede s (Dede)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved