WIKI BELITUNG

Bosan ke Pantai di Belitung? Ini Rekomendasi 4 Wisata Geologi yang Patut Dicoba Wisatawan

Pariwisata di pulau Belitung tak hanya sekadar menjual pantai, tapi juga wisata geologi.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/Suharli)
Wisatawan saat berfoto di hamparan lumut di Gunung lumut. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pulau Belitung sangat terkenal dengan wisata pantainya yang bikin semua orang tarik nafas saking kerennya.

Sebut saja Pantai Tanjung Tinggi dengan hamparan batu granit besar lokasi syuting Film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Kelayang dengan riak yang tenang serta gradasi warna air laut yang bikin mata jadi segar, hingga Pantai Pulau Lengkuas dengan panorama mercusuarnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Pulau Belitung baru saja menyandang status sebagai UNESCO Global Geopark alias taman bumi dunia. Jadi otomatis pariwisata di pulau ini tak hanya sekadar menjual pantai, tapi juga wisata geologi.

Kali ini posbelitung.co bakal memberikan rekomendasi empat wisata geologi yang ada di Belitung Timur yang juga menjadi geosite taman bumi dunia. Tak hanya rekomendasi tempat, tapi juga aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana!

1. Tebat Rasau

Tebat Rasau merupakan tempat wisata berbasis alam yang berlokasi di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Belitung Timur. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin Tanjungoandan atau sekitar 35 kilomenter dari Kota Manggar. Tebat rasau memiliki keanekaragaman hayati yang unik mulai dari flora hingga faunanya, seperti ikan buntal sungai yang tidak beracun.

Wisatawan sedang mengitari Tebat Rasau dengan dayungnya.
Wisatawan sedang mengitari Tebat Rasau dengan dayungnya. ((Posbelitung.co/Suharli))

Di Tebat Rasau ada enam paket wisata yang bisa kamu pilih, yaitu Jage Rasau, Lintang Rasau, Sekaput Rasau, Terubuk Rasau, Rase Rasau, atau Raye Rasau. Paket wisata ini menawarkan berbagai aktivitas seperti membuat kerajinan tangan dari daun rasau, menyusuri Sungai Lenggang, pengenalan jenis ikan lokal dan ikan purba, hingga makan bedulang khas Belitung.

Harga paketnya sendiri cukup terjangkau bagi wisatawan backpacker yaitu mulai dari Rp 20 ribu saja. Bagi kamu yang penasaran pengin mengenal Tebat Rasau dan merasakan suasana alam yang otentik bisa langsung menghubungi pengelola yaitu Nasidi 085924977735 atau Elistyana 081918962292.

2. Burung Mandi

Burung Mandi yang merupakan pantai ini terletak di Desa Burong Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Berjarak sekitar 70 kilometer dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan dan sekitar 19 kilometer dari Kota Manggar ibukota Belitung Timur.

Di pantai ini kita bisa melihat perahu tradisional nelayan yang disebut kater berjajar di sepanjang bibir pantai. Tak hanya itu, wisatawan bisa juga menaikinya karena pengelola menawarkan paket wisata bernama Bekater.

Wisata bekater yang bisa dinikmati di Pantai Burung Mandi.
Wisata bekater yang bisa dinikmati di Pantai Burung Mandi. ((Posbelitung.co/ist.DisparBeltim))

Wisatawan bakal ditawarkan mengelilingi pantai ini menggunakan kater dengan harga paketnya Rp 150 ribu/jam untuk dua orang. Bagi yang hobi mancing juga ditawarkan paket wisata mancing di atas kater dengan membayar Rp 400 ribu/3 jam untuk dua orang. Tenang, dua paket tersebut sudah termasuk perlengkapan keamanan seperti life jacket dan pelampung serta ada makanan ringan juga, lho!

Terus bagi kamu yang cuma pengin nginep di tepi pantai dengan harga murah bisa nginep di homestay Pantai Burung Mandi hanya dengan Rp 150 ribu/malam untuk dua orang sudah termasuk sarapan pagi. Bagi kamu yang tertarik bisa menghubungi Mona 081929753153 atau Misnawati 087896448282.

3. Gunung Lumut

Wisatawan saat berfoto di hamparan lumut di Gunung lumut.
Wisatawan saat berfoto di hamparan lumut di Gunung lumut. ((Posbelitung.co/Suharli))
Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved