Breaking News:

Berita Belitung Timur

Lima Unit Mesin Cuci Darah Sudah Datang, RSUD Belitung Timur Segera Layani Hemodialisa

RSUD Belitung Timur bakal segera membuka layanan pencucian darah alias hemodialisa bagi masyarakat.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
ISt/Prokopimdias
Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari saat mendampingi Bupati Belitung Timur Burhanudin mengontrol ruangan hemodialisa di RSUD Belitung Timur beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- RSUD Belitung Timur bakal segera membuka layanan pencucian darah alias hemodialisa bagi masyarakat.

Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari mengatakan, persiapan ruangan sudah 100 persen. Mesinnya sendiri sudah datang sebanyak lima unit.

"Hanya saja saat ini masih menunggu proses perizinan ke Perhimpunan Nefrologi Indonesia. Setelah itu keluar baru bisa kita buka layanan hemodialisanya," kata dr Vonny kepada Posbelitung.co, Rabu (23/6/2021).

Dia mengatakan pihak rumah sakit saat ini sedang mengirim sampel air yang akan digunakan dalam proses pelayanan tersebut ke Jakarta. Proses pengujian sampel air ini menurutnya sekitar dua minggu.

"Hasil sampel air inilah yang nanti akan melengkapi persyaratan untuk keluarnya izin dari Pernefri," kata dr Vonny.

Selain izin itu, saat ini juga pihaknya juga sedang mengurus izin AMDAL terhadap pelaksanaan fasilitas tersebut.

Terkait biaya, dr Vonny mengatakan bagi pemegang BPJS bisa menikmati fasilitas tersebut secara gratis.

"Namun untuk pasien praktik, saat ini pihak RSUD sedang melakukan kajian terkait penetapan biaya pelayanan cuci darahnya," kata dr Vonny.

Dihubungi terpisah, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan pengadaan fasilitas ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Selain hemodialisa, Burhanudin mengatakan Pemkab Beltim melalui RSUD saat ini juga sedang melakukan seleksi vendor untuk KSO alat Computerised Tomography (CT) Scan.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved