Breaking News:

Berita Belitung

Sejarah Pembentukan Kota Tanjungpandan Tidak Lepas dari Peran KA Rahat, Ini Kata Bupati Belitung

Ziarah ke makam Depati Cakraningrat ke VIII Kiai Agus (KA) Rahat di area perkebunan sawit terletak di Desa Kembiri.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Jumat (25/06/2021) ketika melakukan ziarah ke makam KA Rahat di area perkebunan sawit Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --  Ziarah ke makam Depati Cakraningrat ke VIII Kiai Agus (KA) Rahat di area perkebunan sawit terletak di Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung sudah menjadi rutinitas setiap tahun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung bersama rombongan keluarga besar KA Rahat.

Ziarah itu, sebagai bentuk memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT). Tepat di tanggal 1 Juli 2020 mendatang, usia Kota Tanjungpandan yaitu 183 tahun.

Namun untuk inovasi terbaru agar tidak monoton ketika ziarah ke makam KA Rahat, hingga kini belum ada.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, ziarah tersebut selalu dilakukan secara rutin setiap tahun.

Hal ini satu diantara rangkaian peringatan HJKT ke 183. Agar tidak terlihat biasa saja, HJKT tersebut dilakukan dengan rangkaian kegiatan lain.

"Ini termasuk dalam agenda rutin, dalam rangka memperingati HJKT. Ya agenda lain ada seperti Belitung Expo, dan ini pula untuk mengingatkan kepada masyarakat Belitung, bahwa KA Rahat inilah tokoh pembentuk Kota Tanjungpandan," jelas Sanem kepada Posbelitung.co, Jumat (25/6/20219).

Pembentukan Kota Tanjungpandan yang sekarang ini sudah berusia 183 tahun tidak terlepas dari peran serta KA Rahat.

Untuk itu, pelajar hingga masyarakat umum harus mengetahui tentang sejarah pembentukan Kota Tanjungpandan, mengingat Belitung secara umum pernah dijajah oleh Belanda dan Inggris. 

"Ya mungkin kedepan kegiatan-kegiatan ini untuk pengembangan sosial budaya. Ini cukup penting, dan harus dipahami oleh pelajar, agar tidak lupa sejarah bagaimana terbentuk Kota Tanjungpandan ini," kata Sanem.

Adanya penjelasan sejarah KA Rahad kepada pelajar, merupakan sesuatu yang sangat penting.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved