Breaking News:

Kecelakaan Tambang di Belitung Timur

Kecelakaan Tambang di Kelapa Kampit Kejadian Kedua Tahun Ini di Lokasi yang Sama

Kecelakaan tambang yang terjadi di Desa Mayang Kecamatan Kelapa kampit, Belitung adalah yang kedua kali di tahun 2021.

Penulis: Suharli | Editor: Eltjandring
Ist/PolsekKampit
Suasana di lokasi tambang yang longsor, Minggu (27/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG – Kecelakaan tambang yang terjadi di Desa Mayang Kecamatan Kelapa kampit, Belitung adalah yang kedua kali di tahun 2021.

"Kejadian laka tambang ini merupakan kali kedua. Sebelumnya Pada bulan April 2021 juga pernah terjadi kejadian yang serupa, tidak jauh dari lokasi ini," ujar Camat Kelapa kampit, Syahril kepada posbelitung.co. minggu (27/6/2021).

Syahril mengatakan, masalah aktivitas penambangan juga harus memperhatikan keselamatan kerja, dan para pekerja harus mendapatkan perlidungan sosial bila terjadi kecelakaan kerja.

Syahril menyebut tidak ingin kejadian seperti ini terulang lagi. Kemudian diharapkan perkerja juga jangan hanya bekerja mencari hasil, tapi tidak memperhatikan keselamatannya.

"Sekedar mengingat banyak aktivitas tambang ini mencari hasil, tidak melihat resiko terjadinya kecelakaan ini. Untuk itu perlu diperhatikan aktivitas tambang ini harus dengan aturan-aturan yang ada, apa lagi tambang-tambang yang kedalamannya sampai puluhan meter," ujarnya.

Kondisi kedalaman tambang yang mencapai 28 meter, dan bertingkat menurutnya agak menyulitkan untuk melakukan evakuasi.

Dia pun menyayangkan kejadian tersebut pasalnya dari kejadian pukul 12.00 WIB, pihak berwenang baru diberi kabar sekitar pukul 17.00 WIB.

"Berarti ini ada rentang waktu selama 5 jam. Makanya kalau untuk seperti ini untuk keselamatan bekerja harus saling berkoordinasi supaya cepat laksanakan evakuasi, kalau sudah seperti ini kita hanya menerima akibatnya saja," ujarnya.

Dia berharap kepada pemilik tambang dan pekerja tambang harus ada tanggung jawabnya.

"Mengingat mereka yang bekerja ini orang-orang dari luar daerah, dan sudah berkeluarga tentu harapan kami ini harus ada tanggung jawabnya,” ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved