Breaking News:

Berita Belitung

Belitung Expo 2021, Diharapkan Dapat Kembali Menggeliatkan Ekonomi di Daerah

Bupati Belitung, Sahani Saleh meresmikan Belitung Expo 2021 bertempat di Kawasan Wisata Tanjungpendam, Kamis (1/7/2021)

Penulis: Suharli | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Bupati Belitung, Sahani Saleh memotong pita, yang juga menandai dibukanya Belitung Expo 2021, Kamis (1/7/2021).(Posbelitung/Suharli) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Bupati Belitung, Sahani Saleh meresmikan Belitung Expo 2021 bertempat di Kawasan Wisata Tanjungpendam, Kamis (1/7/2021).

Turut Hadir dalam Acara Peresmian Belitung Expo 2021, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Forkopimda Belitung, para kepala OPD, Wakil Bupati Belitung Timur Syahril serta tamu undangan lainnya.

Sahani Saleh mengatakan, meskipun dalam kondisi pandemi, perkembangan ekonomi harus jalan terus, satu di antaranya melalui adanya Belitung Expo ini.

"Melalui momen ini mari kita tingkatkan sinergitas dalam mendukung pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19, demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Belitung," ujar pria yang akrab disapa Sanem itu dalam sambutannya.

Dia mengatakan ditengah Pandemi Covid-19 yang terus terjadi. Pemerintah daerah juga harus menggiatkan kembali promosi pada sektor-sektor pembangunan, khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah. "Yaitu dengan menggunakan segenap sumber daya yang ada, menerapkan protokol new normal dan kecanggihan teknologi informasi yang berkembang pesat," katanya.

"Mengapa sektor usaha mikro, kecil dan menengah digiatkan? Sebab setelah terdampak Pandemi Covid-19, sektor tersebut juga memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Hal itu terlihat melalui kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia yang terus meningkat sampai sekitar 60 persen di masa  pra-pandemi.

Namun akibat Pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini, banyak juga pelaku sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak hingga usahanya terhenti.

Menyikapi hal tersebut, tentunya pemerintah daerah tidak tinggal diam, yaitu melaksanakan berbagai upaya antara lain melakukan promosi secara masif dan berkelanjutan kepada publik melalui media komunikasi terhadap sektor-sektor pembangunan hingga transformasi teknologi dari konvensional ke digital.

"Transformasi digital menjadi upaya yang harus diambil dan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk bertahan. Saat ini dan hingga ke depan, sebab dengan teknologi tidak ada batasan untuk setiap individu dalam melakukan aktivitas di tengah pandemi," ujarnya.

Sementara itu untuk penyesuaian dan inovasi produk, para pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan tren di tengah konsumen yang mementingkan barang konsumsi, terutama makanan dan minuman yang bersih dari Covid-19.

"Kiranya pada momentum Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-183 pada hari ini dan dengan dukungan bersama, kita dapat menggerakkan kembali roda perekonomian dan bersama memulihkan perekonomian daerah di Kabupaten Belitung," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Belitung, Ansori  berharap dengan digelarnya Belitung Expo 2021 Ekonomi secara bertahap bisa meningkatkan ekonomi, khususnya UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19.

"Meskipun pelan-pelan perekonomian harus tetap berjalan. Adanya Expo 2021 ini juga agar masyarakat juga harus menjaga diri dengan menerapkan dan taat protokol kesehatan agar jangan sampai tercipta kluster baru," ujarnya.

Pada akhirnya, Sahani Saleh menilai, setiap stan pedagang yang ada, sudah menerapkan protokol kesehatan, yakni tersedia tempat cuci tangan. "Dan masyarakat pun telah menggunakan masker," katanya. (Posbelitung/Adv/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved