Breaking News:

Advertorial

Belitung Expo 2021 Upaya Gairahkan Pelaku UMKM

Ada pula klaster yang tumbuh dimasa pandemi sebanyak enam UMKM yang kami fasilitasi agar mereka menampilkan produk-produknya.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Eltjandring
disa
MEMOTONG PITA - Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie memotong pita tanda dibukanya Belitung Expo 2021 di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Kamis (1/7). (Pos belitung/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO - Dinas UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung mengadakan acara Belitung Expo di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari yakni 1-5 Juli 2021.

Pembukaan acara Belitung Expo berlangsung semarak dengan penampilan seni tari. Pukulan gong oleh Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos yang disaksikan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Ketua DPRD Belitung Ansori, unsur forkopimda serta jajaran pejabat di lingkungan kerja Kabupaten Belitung menjadi penanda resminya acara ini.

Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar mengatakan pameran produk UMKM terbagi dalam klaster. Seperti di tenda roder berukuran besar memuat stan berbagai instansi Bank Indonesia, Angkasa Pura, maupun pelaku usaha serta OPD Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

“Ada pula klaster yang tumbuh dimasa pandemi sebanyak enam UMKM yang kami fasilitasi agar mereka menampilkan produk-produknya,” kata Adnizar dalam sambutannya di hadapan para undangan.

Kemudian juga ada klaster penjual makanan Belitung Food Street, barista, jajanan kekinian, tanaman hias, kriya, dan pameran bonsai. Secara keseluruhan, ada 73 UMKM yang mengikuti gelaran rutin tahunan ini.

Ia menambahkan, penyelenggaraan acara juga berpedoman pada penerapan prosedur kesehatan penanggulangan Covid-19. Seperti ada penyemprotan disinfektan sehari sebelum kegiatan dan pada hari ketiga pelaksanaan Belitung Expo.

“Kami sangat komitmen menerapkan ini, juga sangat berterima kasih atas bantuan Polres, Pol PP, dan dinas kesehatan, atas terselenggaranya acara ini,” imbuhnya.

Ia berharap, Belitung Expo mampu memulihkan perekonomian terutama menggairahkan pelaku UMKM sebagai wujud dukungan terhadap kepariwisataan di tengah pandemi Covid-19.

Dinas terkait juga telah mengimbau para peserta expo agar menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung. Bahkan setiap UMKM diharuskan menyediakan tempat cuci tangan.

Sementara itu, Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos juga menyebut Belitung Expo menjadi bagian dari peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-183.

“Tentunya kegiatan ini merupakan bagian upaya mengangkat kembali perekonomian dengan berbasis UMKM,” ujar dia.

Pria yang akrab disapa Sanem ini juga berharap agar para peserta Belitung Expo bisa taat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Apalagi dampak acara ini tak semata dirasakan para UMKM, namun juga para seniman dan pelaku seni pertunjukan. Melalui kegiatan seperti ini, mereka bisa turut tampil.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan oleh BPBD Kabupaten Belitung. (Advertorial/del)

MEMOTONG PITA - Bupati  Belitung, H Sahani Saleh S Sos didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie memotong pita tanda dibukanya Belitung Expo 2021 di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Kamis (1/7). (Pos belitung/Disa Aryandi
MEMOTONG PITA - Bupati Belitung, H Sahani Saleh S Sos didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie memotong pita tanda dibukanya Belitung Expo 2021 di Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Kamis (1/7). (Pos belitung/Disa Aryandi (disa)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved