Breaking News:

Berita Belitung

Persiapan Idul Adha, DKPP Belitung Beri Label Hewan Kurban Sehat

Dokter Hewan Liza Aprianti mengatakan pemeriksan hewan Kurban ini adalah pemeriksaan sebelum hewan dipotong

Penulis: Suharli | Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Dokter Hewan Liza Aprianti usai memeriksa kesehatan hewan ternak sapi dan kambing di distributor hewan ternak yang berada di jalan Anwar, Kelurahan Pangkal Lalang, arah menuju Desa Dukong tak jauh dari kantor Dinas Perhubungan Belitung. Selasa (6/7/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Guna memastikan kesehatan hewan kurban, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung bidang peternakan lakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di beberapa titik di wilayah Kabupaten Belitung serta memberi label sehat pada hewan kurban.

Dokter Hewan Liza Aprianti mengatakan pemeriksan hewan Kurban ini adalah pemeriksaan sebelum hewan dipotong, meliputi kondisi ternak sehat, badan gemuk, bulunya halus tidak ada cacat, nafsu makan baik, dan dari lubang-lubang tubuh ternak bersih normal.

Dia menyampaikan untuk pemeriksan dan pemberian label sehat, DKPP bidang Peternakan menurunkan tiga tim, yang mana masing-masing tim ada dokter hewannya.

"Kalau tim kami ada sepuluh titik kandang, ini meruoakan titik yang ke-tujuh pada hari ini," ujarnya kepada posbelitung.co, Selasa (6/7/2021).

Liza mengatakan dari beberapa lokasi yang didatangi oleh timnya memang ditemui beberapa hewan ternak yang kondisinya kurang sehat akibat dari perjalanan jauh hingga sampai Belitung, namun dia memastikan hewan ternak tersebut juga akan cepat seperti semula.

"Kebetulan kan tadi ada sapi yang baru datang, dari perjalan jauh itu kan biasanya hewan ada yang mengalami stres, ada juga yang mengalami luka-luka karena di kapal padat, jadi nafsu makan menurun, untuk mengatasi itu kami beri vitamin agar nafsu makan kembali normal, untuk persiapan Idul Adha kami pastikan bisa sehat kembali," ujarnya.

Dia menjelaskan ini merupakan monitoring yang kedua kalinya, pemeriksaan hewan ternak yang rencananya terus dilaksanaakan hingga H-2 Idul Adha.

Selain itu, setiap tahunnya Liza mengatakan setuap tahunnya rutin keliling ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban, guna memastikan organ dalam hewan ternak tersebut layak atau tidaknya. (posbelitung.co/suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved