Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Erzaldi dan Sanem Pastikan Kesiapan PCR di RS Marsidi Judono  

Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Bupati Belitung, Sahani Saleh meninjau kesiapan alat PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSU

Penulis: Suharli | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Belitung Sahani Saleh saat mengunjungi RS Marsidi Djoedono, Rabu (7/7/2021) (Posbelitung.co/Suharli) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Bupati Belitung, Sahani Saleh meninjau kesiapan alat PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Marsidi Judono.

"Kami selalu berkoordinasi dengan kabupaten kota untuk menyikapi meningkatnya masyarakat kita yang terpapar Covid-19. Kami memastikan kesiapan alat PCR, karena untuk pulau Bangka dan Belitung mendapat bantuan PCR yang sebekum pernah kami ajukan ke BNPB" ujar Erzaldi kepada awak media, Rabu (7/7/2021).

Dia menjelaskan satu diantara syarat perjalanan keluar daerah yakni harus menggunakan PCR, kalau alat PCR di Belitung belum siap, maka Belitung harus PCR harus ke Bangka untuk memeriksanya.

"Sedangkan waktunya membutuhkan waktu dua hari, jadi tidak efektif. Jadi kami memasyikan disini ternyata yang dibantu itu unit utamanya belum dengan unit lainnya. Nah unit lainnya ini sudah masuk dalam refocusing oleh bupati sedang proses tahap pengerjaan," ujarnya.

Erzaldi juga mengatakan, provinsi dan kabupaten kota saat ini sudah berupaya untuk mendeteksi masyarakat terpapar Covid-19.

Dia berpendapat tingkat akurasi PCR untuk mendeteksi orang yang terpapar tingkat akurasinya lebih terjamin.

"Tapi bukan berarti antigen tidak terjamin. Nah ditambah lagi pemberlakuan PPKM Jawa Bali baik dari atau ke daerah tersebut selama PPKM harus dilengkapi PCR, jadi mau tidak mau kita harus mengoptimalkan fasilitas-fasilitas kesehatan di Pulau Belitung. Karena di Provinsi ini ada dua pulau besar Belitung dan Bangka dan dua bandara. Jadi dua pulau besar ini harus sama fasilitas kesehatannya," ujarnya.

PCR di Belitung direncanakan pada Bulan Agustus 2021 ini. Diharapkan saat itu sudah bisa digunakan, dan diharapkan bisa membatu masyarakat untuk mendapatkan pelayanannya.

Seiring kunjungan gubernur,Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung memberikan perangkat antigen guna melengkapi saat melakukan opersional razia-razia protokol kesehatan.

"Ada 350 pieces antigen. Sedangkan untuk vaksin susah digeser ke Kabupaten Belitung dalam waktu dua hari ini, kami juga minta kepada satgas Belitung untuk mengutamankan didaerah padat seperti Tanjungpandan dan daerah tujuan wisata. Jadi kami berupaya agar Covid-19 agar tidak terlalu mengganggu wisata kita," jelasnya. (Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved