Breaking News:

Advertorial

Bank Sumsel Babel Siap Dukung Petani Ubi Casesa

Gubernur Kepulauan Babel mendukung penuh potensi ubi casesa untuk dijadikan tepung tapioka yang bakal diproduksi oleh PT Surya Mas di Kecamatan Damar

Editor: nurhayati
IST
KUNJUNGI PABRIK TAPIOKA - Kegiatan kunjungan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman ke petani ubi casesa di Buding dan pabrik tapioka di Kecamatan Damar, Rabu (7/7). (Ist/Dokumentasi Bank Sumsel Babel) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mendukung penuh potensi ubi casesa untuk dijadikan tepung tapioka yang bakal diproduksi oleh PT Surya Mas di Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Hal itu ia sampaikan setelah meninjau dan berbincang dengan para petani ubi casesa di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Rabu (07/07/2021).

Erzaldi mengatakan, hasil dari para petani nanti akan langsung diproduksi menjadi tepung tapioka di pabriknya. Ini merupakan potensi yang harus dikembangkan seperti di Pulau Bangka. Menurut perusahaan, lanjutnya, target pabrik ini mulai beroperasi pada Agustus 2021 mendatang.

“Hari ini, kita meninjau persiapan pabrik untuk pengelolaan tepung tapioka bersama dengan Bank Sumsel Babel. Saya minta Bank Sumsel Babel selalu mendukung para petani, dengan menyalurkan KUR-nya supaya petani bisa berdaya,” kata  Erzaldi.

Untuk di Bangka diakuinya, tepung tapioka sudah lama berkembang dan sejauh ini bagus.

Sedangkan di Pulau Belitung baru mau dikembangkan. Ia sendiri memaklumi bahwa pembangunan pabrik butuh waktu lama karena terganggu pandemi.

Erzaldi menjelaskan, pabrik tapioka PT Surya Emas ini memiliki kapasitas produksi yang sangat besar, yakni mencapai 500 ton per hari.

Untuk itu, diperlukan juga bahan baku pembuatannya, yakni ubi casesa, yang cukup banyak agar bisa memaksimalkan kapasitas produksi yang dimiliki pabrik.

“Melihat kapasitas pabrik yang sangat besar ini, setidaknya kita butuh lahan untuk ubi casesa kurang lebih 3.500 hektare. Karena itulah, kami bersama PT Surya Emas ini sedang menggali potensi-potensi lahan yang akan kita manfaatkan untuk penanaman komoditi ubi casesa di beberapa titik di Beltim ini,” jelas Gubernur Erzaldi.

Dia berharap, hadirnya pabrik tapioka bisa menjadi satu di antara komoditi andalan pengungkit perekonomian masyarakat dan juga daerah secara umum.

Begitu juga halnya dari sisi penghasilan petani, ubi casesa juga bisa terus meningkat dan dapat menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat.

Sementara itu, Pemimpin Bank Sumsel Babel Cabang Manggar Al Yoppie Kusuma mengatakan, Bank Sumsel Babel siap mendukung melalui bantuan KUR kepada petani singkong racun ini.

Dia berkomitmen akan terus membantu permodalan petani di Belitung Timur demi mewujudkan pembangunan ekonomi di daerah.

“Ini program harus didukung demi kemajuan para petani. Semoga dengan adanya bantuan KUR ini, nanti bisa menambah semangat para petani untuk lebih produktif,” ucap Al Yoppie.

Kegiatan kunjungan Gubernur Babel Erzaldi dihadiri juga oleh Direktur PT BAM Belitung Argo Makmur Bambang Irawan, Kepala KPHP Gunung Duren Yono, dan pihak-pihak terkait lainnya. (Advertorial/s1)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved