Breaking News:

30 Oksigen Konsentrator Tiba, Impor dari Singapura untuk Kebutuhan Dalam Negeri

Selain oksigen konsentrator, kata dia, pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

Editor: Tedja Pramana
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Fezzi, Akhirudin, dan petugas rumah sakit saat meninjau ruang produksi oksigen di RSUD Belitung Timur, Selasa (6/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Sebanyak 30 unit oksigen konsentrator impor dari Singapura rencananya bakal tiba di Indonesia pada hari ini, Jumat (9/7).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, 30 unit oksigen tersebut merupakan bagian dari 10.000 oksigen konsentrator yang di beli pemerintah Indonesia dari Singapura guna memenuhi kebutuhan oksigen dalam negeri di masa pandemi Covid-19.

"Jadi 30 unit oksigen konsentrator dari 10.000 unit yang dibeli pemerintah hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen," kata Luhut dalam keterangan resminya, Jumat (9/7).

Oksigen konsentrator nantinya digunakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Sederhananya, oksigen konsentrator merupakan alat yang berfungsi mengambil oksigen dari udara bebas lalu diproses untuk akhirnya membantu seseorang bernapas.

Selain oksigen konsentrator, kata dia, pemerintah juga akan membeli 7 unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

"Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah," ucap Luhut.

Ia menjelaskan, bersamaan dengan datangnya 30 oksigen tersebut, akan datang pula bantuan alat kesehatan dari pemerintah Singapura untuk Kementerian Luar Negeri berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L. Bantuan ini diberikan dengan sistem antarpemerintah atau government to government (G to G).

Selain itu, bantuan dari Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan berupa alat-alat pelindung Kesehatan terdiri dari 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator. Lalu perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD.

Luhut mengatakan, ada pula bantuan dari Australia yang dijadwalkan hadir pada hari ini dengan pesawat udara yang akan mengangkut 1.000 ventilator.

"Hingga minggu depan akan dijadwalkan beberapa kedatangan bantuan internasional termasuk 250.000 vaksin Sinopharm bantuan negara Uni Emirate Arab," ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: 30 Oksigen Konsentrator Impor dari Singapura Tiba Hari Ini"

Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved