Breaking News:

Berita Belitung Timur

Desa Lalang Manggar Ditetapkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba di Belitung Timur

Desa Lalang, Manggar resmi menjadi Kampung Tangguh Anti Narkoba, Rabu (14/7/2021). Peresmian ini dilakukan oleh Wakapolres Belitung Timur Kompol Agus

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana penetapan Desa Lalang Manggar sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba, Rabu (14/7/2021) di Aula Serbaguna Desa Lalang. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Desa Lalang, Manggar resmi menjadi Kampung Tangguh Anti Narkoba, Rabu (14/7/2021). Peresmian ini dilakukan oleh Wakapolres Belitung Timur Kompol Agus Handoko bersama Kasat Res Narkoba Polres Beltim Iptu Suroso, Kepala Desa Lalang Radianta Alfiditri, Plt Camat Manggar Abdul Rachim, Ketua dan Anggota BPD Lalang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta para Kepala Dusun di Aula Serbaguna Kantor Desa Lalang.

Kompol Agus mengatakan Desa Lalang dipilih karena dalam waktu lima tahun terakhir tidak ada warga desa tersebut yang terlibat dengan penyalahgunaan narkotika.

"Desa ini kami jadikan pilot project yang nanti harapannya bakal diikuti oleh desa lain dalam upaya kita memberantas narkoba. Harapannya kegiatan ini bisa memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk betul-betul menciptakan situasi yang bersih narkoba ditengah-tengah pandemi. Karena keberadaan narkoba jauh sebelum pandemi sudah menjadi atensi pemerintah," jelas Kompol Agus. 

Kompol Agus menegaskan narkoba berdampak buruk pada pola pikir generasi muda. Karenanya pemerintah tidak ingin generasi muda terjangkit narkoba yang bisa merusak masa depan mereka. Di Belitung Timur sendiri menurutnya belum ada yang jadi sarang narkoba sehingga ini upaya preventifnya dan dia harap jangan sampai terjadi dan ada di masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Lalang Radianta Alfiditri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Beltim karena menetapkan desa yang dipimpinnya sebagai pilot project Kampung Tangguh Anti Narkoba. 

Dia berharap desanya tetap menjadi desa zero narkoba. Dia mengatakan hal ini menjadi atensinya dan tanggung jawab moral yakni menjaga generasi muda yang rentan dengan pergaulan bebas.

"Keberhasilan ini nantinya juga tidak akan bisa lepas dari pwran masyarakat yang sama-sama aktif menjaga agar desa atau wilayah kita semua bebas dari narkoba yang bisa merusak generasi bangsa," kata Radianta.

Sementara itu, Kasat Res Narkoba Polres Beltim Iptu Suroso menambahkan kegiatan ini merupakan wujud melaksanakan instruksi pimpinan dalam pemberantasan narkoba. Menurutnya pemberantasan narkoba ini sudah jadi prioriras presiden karena itu akan terus memberantas sampai ke akar-akarnya.

"Nanti kampung ini akan dievaluasi dan jika selama setahun ke depan tidak ada warganya yang menjadi penyalahguna narkoba maka akan ditetapkan sebagai Kampung Bersinar alias bersih dari narkoba," kata Iptu Suroso. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved