Breaking News:

Berita Belitung

Kepala Kemenag Belitung Sebut Salat Iduladha Boleh di Rumah Tanpa Khotbah

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi mengatakan, pelaksanaan salat Iduladha bisa dilakukan di rumah saja.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi, Kamis (15/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi mengatakan, pelaksanaan salat Iduladha bisa dilakukan di rumah saja.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, salat di rumah dianjurkan jika ada yang kondisi tubuh tidak fit.

"Salat Iduladha bisa dilaksanakan di rumah kalau memang ternyata masing-masing jemaah ada yang kurang sehat, karena hukumnya salat ini Sunnah, Sunnah muakkad artinya dianjurkan," ucapnya, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, salat Iduladha di rumah bisa dilakukan tanpa ada minimal jemaah. Juga boleh tidak ada khotbah.

Sementara itu, salat Iduladha di masjid juga masih dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti kapasitas maksimal masjid hanya 50 persen.

Pengurus masjid juga diimbau agar membuat pembatas dalam masjid.

Jika melaksanakan salat Iduladha di masjid, Masdar juga mengatakan bahwa berdasarkan surat edaran (SE) Menteri Agama nomor 15 tahun 2021, khotbah maksimal 15 menit.

"Kalau melaksanakan salat Iduladha di masjid, khotbah maksimal 15 menit, tidak perlu lama, cukup mengambil rukun khotbah," imbuhnya.

Selanjutnya, ibadah kurban dilaksanakan sehari setelah Iduladha. Masdar menyebut, jika selama dalam situasi normal panitia kurban ingin segera menyudahi pekerjaan, karena saat ini situasi tidak normal, maka kurban dilakukan keesokan hari setelah salat Iduladha.

"Jadi ibadah kurban dilakukan pada 21, 22, dan 23 Juli. Setelah salat Iduladha, tidak ada salaman, kembali besoknya untuk potong hewan kurban. Nanti dagingnya dibagikan ke rumah penerima masing-masing," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved