Breaking News:

Video - Mengenal Oximeter, Alat Ukur Saturasi Oksigen, Pasien Covid-19 Isoman Wajib Punya

Satu diantaranya adalah saturasi oksigen atau kadar oksigen di dalam darah yang harus terus dipantau menggunakan alat yang disebut oximeter.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Jaryanto

POSBELITUNG.CO - Pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah perlu memperhatikan beberapa hal.

Satu di antaranya adalah saturasi oksigen atau kadar oksigen di dalam darah yang harus terus dipantau menggunakan alat yang disebut oximeter.

Imbauan ini diberikan langsung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu.

Lalu apa itu oximeter? Apa saja yang bisa diukur menggunakan oximeter?

Oximeter adalah sebuah alat kecil yang fungsi utamanya adalah untuk mengukur saturasi oksigen atau kadar oksigen di dalam darah.

Dikutip Tribunnews.com dari healthline.com, Senin (12/7/2021), oximeter merupakan alat tes non-invasif dan tanpa rasa sakit. Selain mengukur kadar oksigen di dalam darah, alat ini juga bisa mengukur denyut jantung.

Alat ini bisa mendeteksi perubahan kecil kandungan oksigen yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh sehingga alat ini bisa mengetahui seberapa baik jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Bagaimana cara menggunakan oximeter? Cara penggunaan alat ini cukup mudah, hanya dengan menempelkannya pada jari.

Letakkan jari telunjuk atau jari tengah di tengah alat yang berbentuk klip ini. Sebelum melakukan pengecekan, pastikan kamu tak mengenakan cat kukuatau kuku palsu.

Lalu pastikan tangan dalam kondisi hangat. Setelah dipasang, perhatikan angka pada oximeter.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved