Breaking News:

Ahli Farmasi Tanggapi Pernyataan dr Lois Owien Soal Meninggalnya Pasien Covid-19, Ini Penjelasannya

Pernyataan dr Lois Owien terkait covid-19 bikin heboh jagat media sosial.Ia menyebut pasien covid-19 meninggal bukan karena virus

Penulis: tidakada008 | Editor: Tedja Pramana
tribunnews
dr Lois Owien 

POSBELITUNG.CO - Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinik Fakultas Farmasi UGM, Prof DR APT Zullies Ikawati turut menanggapi pernyataan dr Lois Owien terkait covid-19.

Ia memaparkan jika interaksi obat bisa saja menimbulkan dampak.  Namun, lanjut dia, tidak selalu menimbulkan konotasi yang berbahaya.

Interaksi obat malah juga kerap menimbulkan manfaat. Interaksi obat sendiri merupakan efek saat obat yang satu dengan lainnya digunakan bersama. 

Katakanlah hipertensi yang hanya satu penyakit. Namun, kata Zullies bisa membutuhkan lebih banyak obat. Jika tidak terkontrol, maka ditambahkan dengan lain. 

Bahkan dari satu penyakit, bisa dikombinasikan dengan tiga jenis obat.

Pada kombinasi tersebut, tentu ada interaksi obat. Masing-masing bekerja untuk menurunkan tekanan darah.

Di sisi lain, Zullies menekankan jika kombinasi obat juga harus dilakukan secara rasional.

Sebab, setiap orang memiliki mekanisme tubuh yang beda-beda. Selain menguntungkan, kombinasi obat juga dapat menimbulkan efek lain.

"Secara umum, interaksi ini dapat menyebabkan meningkatnya efek farmakologi obat lain (bersifat sinergis atau additif). Atau mengurangi efek obat yang lain (antagonis) atau meningkatkan efek yang tidak diinginkan dari obat yang digunakan,"paparnya dalam Dialog Interaktif Nasional (Diginas) yang diadakan Tribunnews, Rabu (14/7/2021).

Ia pun mengatakan jika interaksi obat tidaklah mematikan. Karena kata Zullies segala tindakan dan pemilihan obat telah dipertimbangkan baik dan buruknya. 

"Kadang jika obat yang diberikan punya efek samping serupa, tidak disarankan diminum secara bersama. Kami sarankan pilih salah satu. Sejauh ini enggak ada yang sampai mematikan dan itu harus dilihat per kasus. Karena respon orang bisa berbeda. Walaupun obat sama, respon nya beda," pungkasnya.

(Penulis: Aisyah Nursyamsi)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Mengkaji Pernyataan dr Lois Owien, Benarkah Interaksi Obat Berakibat Fatal? Ini Kata Ahli Farmasi

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved