Breaking News:

Berita Belitung

Budi Setiawan Enam Bulan Kuasai Bahasa Jepang, Kini Buka Kursus di Belitung Bagi Anak Hingga Dewasa

Berbekal kemampuan Bahasa Jepang yang langsung dipelajarinya dari Negeri Sakura, Pemuda Belitung Budi Setiawan kini membuka kursus.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
IST/Dok Budi Setiawan
Budi saat berada di Jepang beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berbekal kemampuan Bahasa Jepang yang langsung dipelajarinya dari Negeri Sakura, Pemuda Belitung Budi Setiawan kini membuka kursus.

Di rumahnya yang berada di Kelurahan Pangkalalang, Tanjungpandan, ia memberi kesempatan belajar bagi siapa saja, baik pelajar maupun masyarakat umum.

Sebelumnya, Budi yang merupakan lulusan manajemen bisnis perjalanan di satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini tertarik mempelajari Bahasa Jepang karena suka menonton anime. Ia juga sempat memiliki keinginan bekerja di Jepang.

"Semasa kuliah sempat dapat tawaran beasiswa di Tiongkok. Cuman karena tidak mau terikat dengan lembaga, akhirnya milih berangkat ke Jepang dengan biaya pribadi. Ketika di Jepang baru mencari beasiswa," ucapnya, Jumat (16/7/2021).

Baginya memang tak mudah bersaing dengan orang dari berbagai negara, seperti dari Taiwan yang sudah memiliki dasar Bahasa Jepang.

Namun Budi tak menyerah, dengan tekad ingin belajar dan kepercayaan diri, ia akhirnya mendapat kesempatan belajar Sastra Jepang di Sekolah Bahasa Nihongo Center, Kyoto, Jepang.

Jika TOEFL merupakan uji kemampuan bahasa Inggris, untuk tes Bahasa Jepang dikenal istilah Japanese Language Proficiency Test disingkat JLPT.

Tes JLPT dibagi menjadi lima level kemampuan, yaitu N5, N4, N3, N2, dan N1. Level N5 merupakan level paling dasar, sedangkan level N1 tingkatan yang sudah mahir.

"Kalau aku butuh enam bulan untuk level N3. Tapi sebelum ke Jepang sama sekali belum pernah belajar dan tidak punya pengetahuan," ucapnya.

Dua tahun berada di Negara Samurai, pria 25 tahun ini juga sempat akan bekerja di sana. Namun karena situasi pandemi, ia akhirnya memutuskan pulang akhir 2020.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved