Breaking News:

Berita Belitung

Hellyana Sebut Perpustakaan Daerah Belitung Timur Pantas Jadi Icon Literasi dan Kearsipan di Babel

Hellyana menyatakan bahwa Belitung Timur pantas menjadi icon literasi dan kearsipan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Rombongan Komisi I DPRD Babel saat berfoto di depan gedung Pusda Beltim seusai kunjungan, Jumat (16/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung Hellyana menyatakan bahwa Belitung Timur pantas menjadi icon literasi dan kearsipan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bukan tanpa alasan, kata Hellyana karena dalam empat tahun terakhir Beltim mampu menyabet sebagai yang terbaik dalam pengelolaan kearsipan.

Bahkan tahun ini perpustakaan desa Cendil dari Beltim mewakili Babel ke nasional dalam lomba perpustakaan desa.

"Kami bangga dan senang bisa berkunjung ke Perpustakaan Daerah Beltim. Kami lihat berbagai prestasi sudah ditorehkan, saya pikir ini bisa kita jadikan icon literasi dan kearsipan di Babel," katanya seusai kunjungan yang didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Belitung Rakhmadi dan Zarkani mengunjungi Perpustakaan Daerah Belitung Timur, Jumat (16/7/2021).

Hellyana bahkan bilang keberhasilan Perpustakaan Daerah Beltim sangat membantu provinsi dan DPRD Kepulauan Bangka Belitung dalam mendorong kucuran anggaran pusat sebesar Rp15 miliar untuk membangun gedung perpustakaan di provinsi.

Hellyana juga mengatakan bahwa Komisi I DPRD provinsi sebagai mitra kerja Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi semakin intens turun lapangan hingga ke desa untuk memperkuat perpustakaan. Dia yakin bahwa perpustakaan saat tidak hanya bisa mencerdaskan tapi juga bisa menyejahterakan masyarakat.

"Caranya yaitu dengan berbagai program inklusi sosial yang sedang digemakan oleh pusat untuk mentransformasikan perpustakaan. Sekarang sudah ada sembilan perpustakaan inklusi sosial di Beltim dan rencananya ada penambahan lima lagi. Mudah-mudahan kita bisa saling support, kalau bisa lebih untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Hellyana didampingi anggota Komisi I lainnya Zarkani.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung Rakhmadi berkomitmen akan terus membangun literasi dan kearsipan di Kepulauan Bangka Belitung. Dia bilang Beltim termasuk daerah yang literasinya sudah dikenal lama berkat novel Laskar Pelangi.

"Pulau Belitung khususnya Beltim, SDM nya banyak mengangkat orang pintar seperti Andrea Hirata. Sebab itu, Beltim bisa dan sangat pantas menjadi icon yang disinggung Bu Hellyana tadi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Dia bilang kunjungan ini menjadi penyemangat sekaligus kesempatan memohon dukungan.

"Ini merupakan spirit bagi kami sehingga kami dapat menyampaikan beberapa hal dalam memohon dukungan kepada mereka dari sisi perencanaan dan penganggaran. Semoga keberadaan perpustakaan di kabupaten juga perpustakaan di desa mendapat dukungan maksimal dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan literasi minat baca sehingga kedepan keberadaannya ikut menyejahrerakan masyarakat," harapnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved