Breaking News:

Info Kesehatan

Langkah-langkah Kurangi Risiko Stroke pada Wanita Usia 50-an

Studi tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih mungkin terkena stroke daripada pria yang dapat berujung pada kematian.

Editor: Rusaidah
istock
Menerapkan pola makan sehat mencegah risiko stroke pada wanita di usia paruh baya. 

POSBELITUNG.CO - Wanita usia 50-an memiliki kesempatan untuk mengurangi risiko terkena stroke dengan mengubah gaya hidup.

Sebuah studi baru menyebutkan, perubahan tersebut termasuk berhenti merokok, berolahraga setiap hari, menjaga berat badan yang sehat dan membuat pilihan makanan yang sehat, demikian temuan studi baru yang diterbitkan di American Stroke Association pada Mei 2021.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih mungkin terkena stroke daripada pria yang dapat berujung pada kematian.

Ini juga menyebabkan kesehatan yang buruk dan fungsi fisik yang terbatas. Usia rata-rata di mana seorang wanita mengalami stroke pertamanya adalah 75 tahun.

Hal ini menyebabkan para peneliti berteori bahwa membuat sedikit perubahan paruh baya dapat membantu para wanita dalam mengurangi risiko stroke.

Dalam sebuah wawancara dengan IANS, penulis utama studi tersebut, Goodarz Danaei dari Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, AS, mengatakan sebagai berikut.

"Kami menemukan bahwa mengubah gaya hidup sehat, bahkan di usia 50-an, masih berpotensi mencegah wanita yang melakukan modifikasi gaya hidup di usia paruh baya mengurangi risiko jangka panjang dari stroke total hampir seperempat dan stroke iskemik, jenis stroke yang paling umum, lebih dari sepertiga."

Untuk mencapai kesimpulan ini, para ahli menganalisis Studi Kesehatan Perawat, yang terdiri dari informasi kesehatan pada hampir 60.000 wanita yang terdaftar pada usia rata-rata 52 dan melanjutkan studi selama rata-rata 26 tahun.

Para peneliti mempelajari dampak berhenti merokok, berolahraga setidaknya selama 30 menit, penurunan berat badan secara teratur dan bertahap terhadap stroke, jika wanita kelebihan berat badan.

Ini juga mempelajari dampak dari membuat perubahan pola makan dalam gaya hidup yang meliputi makan lebih banyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dan lebih sedikit daging merah.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved