Breaking News:

Berita Belitung

Realisasi APBN Semester Satu di Pulau Belitung Jangkau Rp 225 Miliar

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan mencatat realisasi belanja APBN hingga semester I atau Juni 2021 di Kabupaten Belitung

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Khamelia
(posbelitung.co /dede s)
Kepala KPPN Tanjungpandan Yessy Silvia Maharani. 

POSBELITUNG.CO -- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan mencatat realisasi belanja APBN hingga semester I atau Juni 2021 di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur mencapai Rp 225 miliar atau 39,6 persen dari total pagu sebesar 567 miliar.

Meskipun angka tersebut masih di bawah target nasional yakni 40 persen, tetapi capaiannya meningkat 3,3 persen dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2020 yang baru 36,3 persen.

Dalam mencapai realisasi tersebut terdapat beberapa tantangan seperti masih adanya proses realokasi dan refocusing anggaran, adanya perubahan kebijakan atau juknis pelaksanaan kegiatan secara direktif dari masing-masing kementerian lembaga.

Ditambah adanya pembatasan mobilitas selama beberapa waktu pada saat Idul Fitri serta adanya varian baru Covid-19.

“Realisasi tersebut difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi dan memperkuat pemulihan ekonomi melalui realokasi untuk belanja produktif dan penguatan program pemulihan ekonomi nasional," ujar Kepala KPPN Tanjungpandan Yessy Silvia Maharini, Minggu (17/7/2021).

Ia menjelaskan dalam rinciannya yang diperoleh dari data online Monitoring SPAN (OM SPAN), terbagi atas belanja pemerintah pusat untuk 39 satker sebesar Rp144,5 miliar dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) sebesar Rp80,4 miliar. 

Secara lebih rinci, realisasi belanja pemerintah pusat terdiri atas tiga jenis belanja.

Pertama, realisasi belanja pegawai, telah mencapai 52,6 persen dari pagu sebesar Rp145,6 miliar, kedua, realisasi belanja barang mencapai 38,5 persen dari pagu sebesar Rp102,2 miliar dan terakhir realisasi belanja modal yang mencapai sebesar 35,1 persen dari pagu Rp81,2 miliar.

Selanjutnya, untuk realisasi belanjaTKDD terdiri dari realisasi DAK Fisik sebesar 10,84 persen dari pagu sebesar Rp145,6 miliar dan Dana Desa sebesar 66,8 persen dari pagu sebesar Rp97,4 miliar.

Yessy juga mengungkapkan pihaknya terus berkordinasi dengan mitra kerja baik satuan kerja di lingkungan kementerian lembaga maupun pemda terkait dengan kinerja APBN di KPPN Tanjungpandan.

“Kami terus berkoordinasi dengan satker untuk mengantisipasi rencana dan target di periode berikutnya. Penggunaan alokasi dana tersebut sangat strategis dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional," katanya.

(posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved