Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Sehari Tiga Warganya Meninggal Karena Covid-19, Bupati Burhanudin: Ayo Ketatkan Prokes

Tiga warga Belitung Timur hari ini dinyatakan meninggal dunia setelah terpapar covid-19, Selasa (20/7/2021).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
posbelitung.co
Bupati Belitung Timur Burhanudin saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Kamis (8/7/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tiga warga Belitung Timur hari ini dinyatakan meninggal dunia setelah terpapar covid-19, Selasa (20/7/2021). Ini merupakan penambahan kasus kematian harian tertinggi di Belitung Timur selama pandemi.

Atas hal ini, Bupati Belitung Timur Burhanudin menyatakan berbelasungkawa dan prihatin atas peristiwa ini. Dia menegaskan virus corona bukan lagi hal yang main-main. Karena itu ia meminta masyarakat agar terus waspada dan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

"Kejadian hari ini harus jadi peringatan keras bagi kita. Ketiga warga kita meninggal ini ada yang berumur 40 tahun. Jadi bukan hanya lansia tapi corona ini bisa menyerang siapa saja, tua muda," tegas Burhanudin kepada posbelitung.co, Selasa.

Dia mengingatkan kapasitas rumah sakit saat ini sangat terbatas dalam merawat pasien covid-19 bergejala berat. Walaupun sudah menyiapkan BKJM sebagai tempat darurat perawatan dan isolasi pasien, dia berharap tempat itu tidak terpakai. Artinya, lanjut dia, lonjakan kasus covid-19 jangan terus terjadi.

"Bagaimana caranya? Mari ketatkan prokes. Hindari kerumunan. Selalu pakai masker di manapun dan kapan pun. Anak-anak muda juga kami ingatkan agar tidak banyak mobilitas supaya meminimalisir risiko sebagai carier alias pembawa virus ke orang tua di rumah," tekan Burhanudin.

Dia menyampaikan saat ini masih berlangsung PPKM mikro di Belitung Timur dan dia menegaskan bakal lebih mengetatkan aturan tersebut. Dia mengaku bakal menerapkan sanksi tegas berupa denda bagi yang tidak taat aturan PPKM mikro.

"Kita sudah ada perbup dan di provinsi sudah ada perda yang mengatur tentang sanksi. Kita akan kerjasama dengan Kepolisian, Kejaksaan, dan pihak terkait lainnya untuk menegakkan sanksi ini. Ini sudah bukan saatnya lagi main-main," kata Burhanudin. 

Diberitakan sebelumnya, tiga pasien covid-19 meninggal dunia di Belitung Timur hari ini, Selasa (20/7/2021). Dua orang di antaranya meninggal di rumah sakit yaitu perempuan H (79) warga Desa Burung Mandi Damar pukul 00.30 WIB dan perempuan S (50) warga Desa Kurnia Jaya Manggar pukul 16.00 WIB. 

Sedangkan satu orang yaitu perempuan L (41) warga Desa Lalang meninggal saat sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya sekitar pukul 16.15 WIB. 

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved