Breaking News:

Berita Belitung Timur

Hari Adhyaksa ke-61, Kajari Belitung Timur Harapkan Kesadaran Hukum Masyarakat Meningkat

Kepala Kejari Beltim Abdur Kadir menyampaikan peringatan Hari Adhyaksa jadi momentum untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Bupati Burhanudin saat menyuapkan nasi tumpeng ke Kajari Beltim dalam peringatan Hari Adhyaksa ke-61 di Kantor Kejari Beltim, Kamis (22/7/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kejaksaan Negeri Belitung Timur menggelar acara peringatan Hari Adhyaksa ke-61 di kantornya, Kamis (22/7/2021).

Kepala Kejari Beltim Abdur Kadir menyampaikan bahwa peringatan ini ia harapkan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Ditemui usai acara, dia mengatakan peningkatan kesadaran hukum di masyarakat sangat penting karena bisa menghindarkan mereka dari perbuatan yang melanggar hukum.

"Seiring dengan itu, pelayanan yang diberikan Kejaksaan Negeri Belitung Timur juga harus semakin maksimal kepada masyarakat dalam rangka kepastian hukum dan pembangunan hukum di Belitung Timur,” kata Abdur, Kamis.

Dalam peringatan dengan tema Berkarya untuk Bangsa itu, Abdur juga mengatakan sudah menyiapkan tiga desain yang diterapkan oleh Kejari Beltim dalam memberi kepastian hukum bagi masyarakat.

Pertama, preferensi atau pencegahan, kedua adalah preventif artinya demistratif yang bisa disesuaikan, dan ketiga penindakan atau represif.

"Penindakan ini bisa berujung di Pengadilan Negeri atau dihentikan perkaranya. Dengan begitu kita bisa menunjukkan peran Kejari di Belitung Timur,” katanya.

Di sisi lain, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengucapkan selamat atas hari ulang tahun Kejaksaan ke-61. Dia mengapresiasi sinergisitas antara pemda dan kejaksaan yang selama ini terjalin sangat baik.

"Momentum Hari Adhyaksa ke-61 ini akan jadi saat yang tepat untuk meningkatkan lagi koordinasi yang telah baik menjadi lebih baik di masa yang akan datang," kata Burhanudin.

Di samping itu, Burhanudin menekankan bahwa peran Kejari Beltim dalam meningkatkan kinerjanya di bidang penegakan hukum harus terus dipacu.

“Satu lagi, peningkatan kinerja Kejaksaan sebagai Abdi Negara penegak hukum juga harus dapat terlaksana dengan maksimal, itu harapan kita sebagai Pemerintah Daerah,” tutupnya.

Di tengah acara, Bupati dan Polres Beltim sempat memberikan surprise kur ulang tahun kepada Kajari Beltim sebagai bentuk dan wujud sinergisitas yang berjalan baik selama ini.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved