Breaking News:

Berita Belitung

Serapan Anggaran PPKM Mikro di 42 Desa se-Kabupaten Belitung Masih Rendah, Ini Penyebabnya

Sebanyak 42 desa se-Kabupaten Belitung telah mengalokasikan anggaran minimal delapan dari total Dana Desa untuk pelaksanaan kegiatan PPKM Mikro.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Eltjandring
(posbelitung.co /dede s)
Kabid Pemberdayaan Masyarkat dan Desa, DPPKBPMD Antonio Apriza. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 42 desa se-Kabupaten Belitung telah mengalokasikan anggaran minimal delapan dari total Dana Desa untuk pelaksanaan kegiatan PPKM Mikro semenjak Maret 2021 lalu.

Berdasarkan monitoring dan evaluasi (monev) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD), dari total anggaran Rp 5,1 miliar lebih yang sudah terealisasi baru Rp2,4 milliar atau 46,35 persen sampai 30 Juni 2021.

Rendahnya penyerapan anggaran tersebut dikarenakan proses pencairan harus menunggu pasien Covid-19 di suatu wilayah desa.

"Misalnya mereka mengganggarkan 70 paket sembako karena baru satu orang positif maka realisasinya cuman satu," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Antonio Apriza kepada posbelitung.co.

Oleh sebab itu, kata dia, berdasarkan hasil monev pihaknya akan fokus pada penyerapan anggaran sehingga bisa maksimal.

Namun jika dirincikan per desa, angka realisasi tersebut beragam beberapa sudah tinggi dan masih terdapat realiasi yang rendah.

Misalnya di wilayah Kecamatan Tanjungpandan, penyerapan anggaran cukup baik dikarenakan banyaknya angka positif Covid-19.

Ia mencontohkan Desa Perawas sudah melaksanakan 13 kegiatan baik sosialisasi, pemasangan sapras prokes dan lainnya sampai tanggal 30 Juni 2021 lalu.

Pemdes Perawas juga sudah membagikan sembako dan vitamin kepada warga yang menjalani isolasi mandiri.

"Mudah-mudahan ke depan anggaran PPKM Mikro ini bisa lebih maksimal," katanya.

(posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved