Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Warga Binaan Pemasyarakatan Tanjungpandan Terkonfirmasi Positif Covid-19 Alami Gejala Ringan

Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpandan terkonfirmasi positif Covid-19

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
kolase tribunstyle dan tribunnewsmaker
ilustrasi virus corona 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpandan terkonfirmasi positif Covid-19. Kabar ini dibenarkan Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Kamis (22/7/2021).

"Saya dapat laporan memang ada warga binaan yang positif Covid-19. Cuman saya belum bisa menyampaikan jumlah kasus positifnya," kata dia. 

Ia juga belum bisa menyampaikan sumber penularan. Menurutnya, memang ada kemungkinan dari pengunjung yang datang. Tapi hal itu belum bisa dipastikan karena harus menunggu tracing dari pihak puskesmas. 

Ketika dihubungi posbelitung.co, Kepala Puskesmas Badau dr. Gultom mengatakan bahwa pihaknya dihubungi pihak Lapas Tanjungpandan karena ada petugas lapas yang positif hasil SWAB antigen Covid-19. 

"Selanjutnya pihak Puskesmas Badau melakukan tracking (pelacakan) dan testing (pengujian) ke Lapas karena masih wilayah kerja Puskesmas Badau. Total ada 180 WBP yang kami SWAB dan hasilnya 120 orang hasil SWAB reaktif/positif," ujarnya. 

Menindaklanjuti hasil tersebut, pihaknya sudah menyarankan supaya WBP yang terkonfirmasi positif dipisahkan dari WBP yang negatif. Selanjutnya isolasi dan karantina dilakukan di Lapas Tanjungpandan.

Menurutnya, WBP yang terkonfirmasi positif kebanyakan tanpa gejala (OTG) dan sebagian bergejala ringan. Kemudian pihaknya telah menyampaikan cara-cara isolasi dan terus memantau kondisi WBP yang positif Covid-19. 

"Perihal kasus di lapas ini sudah kami sampaikan  ke dinas kesehatan melalui bidang terkait dan juga kepada Camat Badau. Tim PPKM desa cerucuk juga turut serta membantu kegiatan tracking dan testing," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved